√ Lengkap Cara Memainkan Alat Musik Rebab, Siter dan Saron

Cara Memainkan Alat Musik Rebab

Cara memainkan alat musik rebab
Ilustrasi cara memainkan alat musik rebab
Cara bermain menggunakan rebab adalah dengan teknik gesek, Instrumen musik tradisional lainnya yang memiliki wujud yang serupa dengan rebab adalah instrumen musik yang bernama Ohyan yang resonatornya terbuat dari tempurung kelapa. Rebab yang ini dapat ditemui di Bali, Jawa dan Kalimantan Selatan. Siter dan Celempung merupakan jenis alat musik petik di dalam gamelan Jawa.

Baca Juga:

√ Alat Musik Tradisional NTT Terlengkap


Cara Memainkan Alat Musik Siter

Siter dan celempung memiliki masing-masing antara 11 dan 13 pasang senar, direntangkan kedua sisinya diantara kotak bagian resonator. Ciri khasnya berada di salah satu senar disetel nada pelog dan senar lainnya dengan nada yang bernama slendro.
Cara memainkan alat musik siter
Gambar cara memainkan alat musik siter
Berdasarkan spesifikasi siter mempunyai panjang 30 cm dan dimasukkan kedalam sebuah kotak saat dimainkan, sedangkan celempung itu sendiri panjangnya mencapai sekitar 90 cm dan memiliki penyangga dibawahnya yang berjumlah 4 buah kaki.
Siter dan celempung adalah salah satu instrumen musik yang dapat dimainkan sebagai salah satu dari alat musik yang dimainkan bersamaan, sebagai instumen yang bermain didalam cengkok atau pola melodik yang berdasarkan balungan. Baik siter maupun celempung dimainkan dengan kecepatan yang sama dengan gambang atau tempo yang cepat.
Nama ” Siter ” itu sendiri berasal dari Bahasa Belanda yang bernama ” Citer “, yang juga berhubungan dengan Bahasa Inggris yang disebut dengan ” Zither”. sedangkan ” Celempung ” itu berkaitan dengan bentuk musikal dari Sunda celempungan.

Cara Memainkan Alat Musik Saron

Saron atau yang biasa kita sebut juga dengan ricik, adalah salah satu instrumen gamelan yang termasuk dalam keluarga balungan. Dalam satu set gamelan terpadat 4 saron, dan semuanya memiliki versi yang berbeda seperti versi pelog dan slendro.
Cara memainkan alat musik saron
Gambar cara memainkan alat musik saron
Alat musik saron menghasilkan nada satu oktaf lebih tinggi bila dibandingkan dengan demung, dengan ukuran fisik yang terbilang lebih kecil. Tabuh saron biasanya dibuat dari kayu dengan bentuk yang menyerupai seperti palu. Cara memainkan alat musik saron adalah dengan cara di tabuh sesuai nada, nada yang imbal, atau menabuh secara bergantian antara yang satu dan dua.

Baca Juga:

Lengkap Alat Musik Tradisional Sulawesi Selatan


Dalam memainkan saron, tangan sebelah kanan memukul wilahan atau lembaran logam dengan tabuh, lalu tangan bagian kiri menekan wilahan yang dipukul saat sebelumnya untuk menghilangkan dengungan yang tersisa dari pemukulan nada sebelumnya. Teknik ini disebut atau dikenal dengan nama memathet atau pathet


EmoticonEmoticon