√ Lengkap Alat Musik Tradisional Madura Beserta Gambarnya

Alat Musik Tradisional Madura

Daerah dengan pulau terbesarnya yaitu Kepulauan Kangean ini memiliki beberapa kesenian musik yang unik untuk kita dengar dan pelajari. Oke tanpa banyak membuang waktu berikut artikel alat musik tradisional dari Madura selengkapnya.

Baca Juga:

√ Artikel Gambang Kromong Musik Tradisional Betawi


1. Saronen

alat musik tradisional saronen
Gambar alat musik tradisional saronen
Saronen merupakan kesenian musik rakyat yang sudah ada sejak lama dan berkembang di masyarakat Madura. Dengan harmonisasi dinamis, rancak dan bertemakan suasana riang memang sangat cocok jika dipadukan dengan karakteristik dari masyarakat Madura yang tegas namun baik dan santun.
Salah satu ciri yang dapat anda temukan dari Saronen adalah adanya sembilan instrumen khas yang terdapat di alat musik ini. Ada yang menyebutkan bahwa kesembilan instrumen ini adalah filosofi dari Islam yang merupakan kepanjangan dari kalimat pembuka Alqur’anul Karim
Pada bagian pangkal atas Saronen itu diberikan sebuah hiasan berupa sayap yang terbuat dari tempurung dan berbentuk seperti kumis seakan menggambarkan bahwa seorang pemain Saronen itu “Jantan”. Alat musik tradisional Madura ini sering digunakan sebagai pengiring lomba karapan sapi, upacara adat dan juga resepsi pernikahan.

2. Tong-Tong

alat musik tradisional tongtong
Gambar alat musik tradisional tongtong
Sekilas jika kita melihat alat musik tradisional dari Madura yang satu ini akan teringat dengan kentongan yang biasa kita dengar ketika adzan ingin dikumandangkan, memang betul bentuk dan cara penggunaannya-pun sama tetapi Tong-Tong digunakan sebagai hiburan.
Tong-tong bisa kita jumpai dengan mudah ketika adanya sebuah pawai yang menggunakan alat musik tradisional ini sebagai “pemecah” kesunyian. Suaranya yang nyaring ditelinga dan seakan membuat kita ingin menari ini membuat acara pawai lebih semarak.
Selain berkembang sebagai sebuah kesenian orkes musik, pola ritem musik tong-tong sering dipakai dalam asambel musik jenis lain. Semisal dalam pola tabuhan pada kelengan atau musik loddrok.

Baca Juga:

√ Artikel Tanjidor Kesenian Musik Tradisional Betawi


3. Ul-Dhaul / Ul-Daul

alat musik tradisional ul daul
Gambar alat musik tradisional ul daul
Kesenian musik Ul-Daul tentunya sudah tidak asing bagi masyarakat Madura khusushnya Sumenep. Daul pada awalnya hanyalah sebatas gentongan yang dipukul untuk membangunkan warga untuk sahur pada momen-momen di bulan Ramadhan. Namun seiring berjalannya waktu, Daul ini sekarang telah dilengkapi lagi dengan beberapa alat musik tradisional lainnya.
Banyak orang yang beranggapan bahwa Ul-daul merupakan alat musik perkusi etnik. Sebuah kesenian musik tradisional yang awalnya bermula dari Kab. Pamekasan ini sekarang seakan telah menjadi “tamu undangan” pada tiap-tiap acara besar, khususnya wilayah madura.
Musik tradisional ul-daul sudah tak asing lagi bagi masyarakat Madura, khusus Sumenep. Sekitar empat tahun belakangan ini, perkembangan musik ul-daul cukup pesat di tiga kabupaten. Yakni Sumenep, Pamekasan, dan Sampang. Kini, ul-daul menjadi bagian dari khasanah kekayaan seni dan budaya masyarakat Madura.