√ Cara Memainkan Alat Musik Gitar Lengkap

Cara Memainkan Alat Musik Gitar

Alat musik gitar adalah sebuah jenis alat musik yang cara dimainkannya dengan cara dipetik, umumumnya menggunakan jari-jari maupun menggunakan alat plektrum (pik). Alat musik gitar terbentuk atas sebuah bagian tubuh pokok dengan mempunyai bagian leher yang sangat padat sebagai tempat untuk senar yang pada umumnya berjumlah dari enam senar di dempetkan.
Sehubung kita sedang membahas pengertian dari alat musik gitar saya akan menjelaskan beberapa contoh-contoh alat musik gitar.

1. Gitar Klasik

Gitar klasik merupakan gitar yang body (badan) nya  berbentuk bulat yang menyerupai angka 8, badan gitar ini memiliki rongga-rongga udara yang terbagi menjadi 2 yaitu. Neck (Leher) gitar cenderung besar dan lebar senarnya terbuat dari bahan nylon, jumlah-jumlah fret (Kolom Gitar) yang accessible oleh jari-jari tangan yang berjumlah 12 kolom gitar.
Alat musik gitar klasik yang biasanya di mainkan untuk permainan melody musik klasik yang di pakai main rhytm (Genjrang genjreng) tapi tentu juga karakter suara genjrengan yang lebih “tebal” dibandingkan dengan alat musik gitar akustik.

Baca Juga:

√ Tari Sparkling Surabaya Tarian Khas dari Surabaya, Jawa Timur


2. Gitar Akustik

Gitar akustik dan gitar klasik sama-sama mempunyai rongga-rongga udara yang berbentuk sama, Tapi ciri utama yang membedakan antara keduanya adalah pada gitar akustik terdapat leher lebih ramping dan kecil di bandingkan dengan alat musik gitar klasik.
Senar yang terbuat dari bahan string (tidak terbuat dari bahan nylon), jumlah kolom gitar yang accessibleoleh jari-jari tangan lebih banyak yaitu bisa berjumlah hingga 15 fret. Gitar akustik biasanya dimainkan untuk kebanyakan lagu-lagu pop modern, baik menggunakan nada melody maupun rhythm.

3. Gitar Elektrik

Kalau gitar elektrik berbeda dengan gitar klasik dan akustik dari body gitar elektrik yang terbuat dari kayu solid dan tidak memiliki rongga-rongga udara, senar yang terbuat dari bahan string,jumlah kolom gitar yang juga accessibleoleh jari-jari tangan berjumlah hingga sampai 24fret, memiliki pick untuk mengubah energi suara senar menjadi suara yang mengandung energi listrik..
Mengenal lebih dekat tentang alat musik gitar kali ini saya akan membahas cara memainkan alat musik gitardalam artikel ini.

Cara Mudah Memainkan Alat Musik Gitar

Teknik memainkan alat musik gitar
Ilustrasi teknik memainkan alat musik gitar
Cara memainkan alat musik gitaryaitu kenali-lah bagian-bagian alat musik gitar Baik Anda memainkan alat musik gitar yang elektrik maupun klasik. Gitar dasarnya terbuat dari logam serat kayu yang bagus, Senar-senar gitar yang dilapisi dengan tembaga akan bergetar untuk menghasilkan nada maupun suara yang cantik.

1. Pegang Gitar

Peganglah alat musik gitar dengan baik dan benar, Sebelum Anda mulai membunyikannya atau memainkannya seperti Jimi Hendrix,pastikan Anda sudah memegang alat musik gitar dengan benar apabila Anda tidak menggunakan kidal untuk memainkan gitar.
Mainkanlah gitar dengan cara menggosok senarnya kira-kira pada posisi setengah di antara lubang suara serta bridgemenggunakan tangan kanan Anda dan menekan senar-senar tersebut pada leher gitar dengan menggunakan tangan kiri.

2. Stem Gitar

Setem gitar biasa juga di kenal dengan menyetel alat musik gitar. Memainkan gitar yang sumbang adalah hal yang tidak begitu sangat menyenangkan bagi orang-orang, selain itu Anda akan mengembangkan kebiasaan buruk Anda jika Anda baru memulai bermain gitar penyeteman rutin juga akan membiasakan diri Anda dengan kombinasi-kombinasi fretserta senar yang berkorespondensi terhadap suatu nada atau petikan

Baca Juga:

√ Tari Boran Tarian Tradisional dari Lamongan, Jawa Timur


3. Terus Berlatih

Berlatihlah menekan bagian fretpada semua kolom senar, fret adalah area yang dibatasi oleh garis logam, logam ini yang berbentuk tegal urus untuk menandai setiap nada-nada. untuk membunyikan sebuah nada atau petikan tekan jari di antara garis-garis logam yang berarti bukan di atasnya, memainkan fret ke 3 itu berarti Anda harus meletakan jari Anda pada senar di antara celah-celah fretke 2 dan ke 3.

4. Penempatan Jari

Selain itu pastikan jari Anda lebih dekat dengan fretyang lebih rendah agar menghindari suara-suara berdengung (salah nada). Tahan senarnya sekuat mungkin agar senar hanya bergetar di antara jari-jari dan tangan yang Anda gunakan untuk memetik. Tekanlah senar hanya dengan sampai ujung jari.


EmoticonEmoticon