√ Artikel Yangko Makanan Khas dari Yogyakarta

Yangko adalah makanan tradisional berwarna – warni yang terbuat dari tepung ketan dan dibalut dengan tepung di bagian luarnya. Yangko ini memiliki bentuk yang kotak dan memiliki tekstur yang kenyal, selain itu juga memiliki rasa yang cenderung manis dan sangat khas. Yangko merupakan makanan tradisional Yogyakarta dan menjadi salah satu oleh – oleh  khas disana.

Yangko ini hampir sama dengan kue mochi dari Jepang, namun yang membedakan adalah kue mochi bentuknya bulat dan teksturnya lebih lembek dan lebih kenyal. Yangko sendiri memiliki berbagai ciri khas yaitu bentuknya yang kotak dan dibaluri dengan tepung di bagian luarnya. Selain itu saat kita menyantapnya akan terasa kenyal dan lembut di mulut, sehingga menimbulkan sensasi tersendiri saat kita menyantapnya.  
 
 

Proses pembuatan Yangko ini membutuhkan waktu yang lama dan membutuhkan ketelatenan dalam membuatnya. Dalam proses pembuatannya, pertama beras ketan dikukus lalu di jemur hingga kering. Lalu beras ketan tersebut di goreng tanpa minyak dan ditumbuk untuk jadikan seperti tepung. Setelah itu air gula dimasak dan campurkan tepung tersebut secara perlahan. Lalu dimasukan juga rasa yang diingingkan dan setelah matang adonan didingingkan. Setelah adonan dingin, lalu di potong kotak dan dibaluri tepung terigu. Selanjutnya di kemas menggunakan kertas minyak.

Yangko ini memiliki rasa yang manis dan juga memiliki aroma yang wangi, sehingga dapat menggugah selera kita untuk menyantapnya. Selain itu teksturnya yang kenyal dan lembut di mulut membuat kita serasa tidak mau berhenti untuk menyantapnya. Pada awalnya, rasa asli dari Yangko ini adalah rasa campuran kacang dan gula. Namun seiring dengan perkembangannya, maka Yangko ini mulai di padukan dengan rasa lain seperti rasa strawberry, melon, durian dan lain – lain. Walau pun begitu, namun tidak meninggalkan ciri khasnya yang manis dan kenyal.
Gambar : Yangko
 
 
Yangko ini sangat mudah kita temukan di Yogyakarta. Disana banyak tersebar industri rumahan yang memproduksi makanan satu ini. Selain itu kita juga dengan mudah menemukannya di berbagai toko oleh – oleh yang ada di Yogyakarta. Nah, bagi anda yang berkunjung ke Yogyakarta, makanan ini bisa jadi pilihan bagi anda untuk dijadikan sebagai oleh oleh.