√ Artikel Pisang Gapit Kuliner Khas Kalimantan Timur

Pisang Gapit adalah salah satu kuliner khas Kalimantan timur yang menggunakan pisang sebagai bahan dasarnya. Sama seperti namanya, Pisang Gapit di buat dengan cara di jepit dan di panggang. Makanan satu ini sangat terkenal di berbagai daerah di Kalimantan timur seperti Samarinda, Balikpapan dan daerah lainnya.

Dalam proses pembuatannya, pisang yang di gunakan merupakan pisang  setengah matang yang sering di gunakan untuk membuat pisang goreng seperti pisang kapok, pisang tanduk dan pisang sanggar. Dalam proses pengolahannya, pisang di kupas kulitnya lalu di panggang dengan cara di jepit. Setelah matang pisang di jepit sampai pipih kemudian di campur dengan saus khusus yang terbuat dari gula merah dan bahan lainya.
 
 
 

Gambar : Pisang gapit mesis
Saus yang di gunakan untuk menyajikan Pisang Gapit Ini adalah saus yang terbuat dari gula merah, santan,daun pandan, garam dan tepung maizena. Pada proses pembuatannya, gula merah di rebus dengan air sampai mendidih kemudian di saring airnya. Setelah itu di rebus kembali dengan santan dan daun pandan. Tidak lupa tambahkan larutan tepung maizena dan garam, lalu di aduk sampai rata.

Dalam proses penyajiannya, pisang yang sudah di panggang tadi di siram dengan saus. Selain itu dalam penyajiannya, ada beberapa variasi atau kreasi untuk menambah cita rasa dari Pisang Gapit tersebut. Contohnya seperti di taburkan dengan keju atau mesis coklat. Tentunya kreasi tersebut di sesuaikan dengan selera kita sendiri.
 
 

Gambar : Pisang gapit keju
Dalam perkembangannya, Pisang Gapit menjadi jajanan yang sangat populer di Kalimantan timur. Selain kita bisa menemukannya di warung pinggir jalan, Pisang Gapit juga menjadi salah satu hidangan di beberapa hotel ternama di Kalimantan timur. Jajanan satu ini bisa di nikmati oleh berbagai kalangan, selain itu kita bisa membuatnya sendiri karena prosesnya yang sederhana.