√ Artikel Nasi Liwet Makanan Tradisional dari Solo, Jawa tengah

Nasi Liwet adalah makanan khas yang terbuat dari nasi yang dimasak dengan santan kelapa sehingga memiliki rasa yang gurih. Makanan ini merupakan salah satu makanan tradisional dari Solo, Jawa tengah. Walaupun terlihat sederhana, namun Nasi Liwet ini sangat gemari oleh masyarakat dan menjadi salah satu icon kuliner tradisional di kota Solo.

Nasi Liwet ini terbuat dari nasi yang di masak dengan air santan kelapa sehingga memiliki rasa yang gurih dan nikmat. Dalam proses pembuatannya, beras di bersihkan lalu dimasak bersama dengan santan dan sedikit air. Setelah beras lunak, kemudian di tanak hingga matang. Nasi Liwet ini hampir sama dengan Nasi Uduk, namun yang membedakan adalah penyajiannya.
 
Baca Juga:

Dalam penyajiannya Nasi Liwet ini biasanya disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam, telur rebus dan kuah areh/ kumut. Sayur labu siam ini biasanya dimasak dengan kaldu ayam sehingga memberikan rasa khas. Sayur labu siam ini rasanya gurih dan sedikit pedas. Namun bagi anda yang tidak terlalu suka pedas, biasanya penjual juga menyediakan yang sedikit manis. Salah satu keunikan pada penyajian Nasi Liwet ini adalah kuah areh/kumut. Areh atau kumut ini adalah kuah kental yang terbuat dari santan yang di masak dengan cara khusus. Areh ini rasanya sangat gurih dan memiliki tekstur yang lembut sehingga memberikan sensasi yang khas saat kita menyantapnya.

Selain menu pada sajian tersebut, kita juga bisa menambahkan menu tambahan seperti tahu, tempe dan juga kerupuk. Bagi anda yang menyukai makanan pedas, kita juga bisa menambahkan sambal untuk penambah rasa. Makanan ini tetap cocok untuk kita nikmati kapanpun, seperti makan pagi, makan siang atau makan malam.

Gambar : Nasi Liwet khas Solo
 
 
Nasi Liwet ini sangat mudah kita temukan di daerah Solo dan sekitarnya seperti daerah Keprabon, Solo atau Desa Duwet dan Menuran, Sukoharjo. Disana banyak warung lesehan yang menjajakan Nasi Liwet ini. Nah bagi anda yang berkunjung ke Solo, Jawa tengah. tentu kurang lengkap rasanya bila belum menikmati makanan tradisional satu ini.