√ Artikel Mie Aceh Kuliner Tradisional Aceh

Mie Aceh adalah masakan mie pedas dengan irisan daging sapi, daging kambing atau makanan laut seperti udang dan cumi. Pada dasarnya Mie Aceh biasa di sajikan dalan sup kari yang gurih dan pedas. Nama Mie Aceh di ambil dari daerah asalnya yaitu Aceh, karena cita rasanya yang khas berbeda dengan masakan mie yang ada di Indonesia.

Dalam proses pembuatannya, Mie Aceh menggunakan mie yang khas dengan bentuk yang tebal dan pipih. Tidak seperti mie yang lainnya, warna Mie Aceh cenderung berwarna kuning cerah, sehingga menambah keindahan pada hidangan tersebut. Bumbu yang di gunakan adalah bumbu semacam kari yang merupakan bumbu khas yang memberikan cita rasa khas pula dalam sajian kuliner satu ini.
 
 
 
mie aceh basah
Gambar : Mie Aceh Kuah
Dalam penyajiannya, Mie Aceh di sajikan dalam tiga macam yaitu mie goreng ( kering ), mie kuah dan mie goreng basah. Untuk daging yang di gunakan bisa di sesuaikan dengan selera kita, karena tidak mengurangi cita rasa dan kelezatan mie tersebut. Menu pelengkap dalam penyajian Mie Aceh biasanya bisa ditambahkan bawang goreng, kerupuk, mentimun, dan juga jeruk nipis.

Yang menjadi keunikan dalam masakan ini adalah bahan tambahan yang digunakan yaitu daging sapi, daging kambing atau masakan laut. Pada umumnya masakan mie yang ada Indonesia banyak menggunakan daging ayam sebagai bahan tambahan dalam penyajian mie nya. Selain itu kuah yang di gunakan adalah kuah sejenis kari yang kental dan gurih. Pada umumnya masakan mie di Indonesia cenderung menggunakan kuah yang bening dan lembut. Keunikan tersebut memberikan cita rasa yang khas yang ada di di dalamnya.
 
 
Mie aceh goreng
Gambar : Mie Aceh Goreng
Dalam perkembangannya, Mie Aceh telah menjadi salah satu kuliner yang sangat populer. Sehingga masakan satu ini dapat kita temukan di warung – warung pinggir jalan yang ada di Aceh. Kuliner satu ini sangat di rekomendasikan apa bila anda berkunjung ke Aceh. Banyak yang mengatakan, kurang lengkap rasanya bila berkunjung ke Aceh tanpa mencicipi masakan khas satu ini.