√ Artikel Gudeg Manggar Makanan Tradisional dari Yogyakarta

Gudeg Manggar adalah makanan tradisional jenis gudeg yang berbahan dasar bunga kelapa. selain bahannya yang unik, Gudeg Manggar ini juga memiliki rasa yang khas. Berbeda dengan gudeg pada umumnya yang memiliki rasa manis, gudeng manggar ini memiliki rasa yang gurih. Gudeg Manggar ini merupakan makanan tradisional yang terkenal di Yogyakarta, terutama di masyarakat Bantul.

Dalam proses pembuatannya, sedikit berbeda dengan gudeg pada umumnya. Yang membedakan adalah dari bumbunya, karena Gudeg Manggar ini memiliki rasa yang lebih gurih. Dalam proses pembuatanya, bunga kelapa di masak bersama dengan air santan dan bumbu khusus. Proses pembuatan Gudeg Manggar ini membutuhkan waktu yang lebih lama dari pada Gudeg nangka, karena teksturnya yang sedikit keras, sehingga membutuhkan waktu lenbih agar manggarnya terasa empuk.
 
 

Hampir sama dengan gudeg lainnya, Gudeg Manggar ini biasanya di sajikan bersama nasi, opor ayam, telur rebus, sambel goreng krecek, tahu dan tempe bacem. Namun ada juga yang memasak ayamnya tidak secara terpisah. Sebagian ada yang memasak ayamnya bersama dengan Gudeg Manggar, sehingga memiliki cita rasa yang khas pada kuah atau Gudeg Manggarnya. Ayam yang digunakan biasanya adalah ayam jago (ayam jantan), sehingga bila dimasak dalam waktu yang lama tidak mudah hancur. Selain itu ada juga yang menggunakan ayam kampung, sehingga lebih gurih dan memberikan cita rasa yang nikmat.

Bagi masyarakat Yogyakarta khususnya masyarakat Bantul, Gudeg Manggar ini awalnya hanya disajikan pada saat acara besar dan acara lebaran saja. Karena rasanya yang nikmat dan sangat khas, bagi masyarakat Bantul makanan ini menjadi menu special dan paling di rindukan pada saat hari lebaran. Namun seiring dengan perkembangan jaman, mulai banyak warung makan yang menjajakan makanan satu ini. Selain membuka warung, mereka juga siap menerima pesanan bagi anda yang membutuhkan dalam jumlah besar. Sama seperti gudeg lainnya, Gudeg Manggar ini juga disajikan dalam bentuk Gudeg kering dan Gudeg basah. Sehingga bagi wisatawan yang berkunjung, selain bisa di nikmati disana, kita juga bisa menjadikannya sebagai oleh – oleh.
 
 
Gambar : Gudeg Manggar
Gudeg Manggar ini bisa kita temukan di daerah Yogyakarta dan daerah Bantul. Beberapa warung gudeg biasanya juga menyajikan makanan ini, Namun banyak juga warung yang khusus hanya menyajikan Gudeg Manggar ini. Nah bagi anda yang berkunjung ke Yogyakarta tentu kurang lengkap rasanya bila belum menikmati makanan tradisional satu ini.