√ Artikel Belalang Goreng Makanan Tradisional dari Gunung Kidul, Yogyakarta

Belalang Goreng adalah makanan tradisional yang terbuat dari bahan dasar Belalang. Makanan ini memang terlihat aneh karena bahan dasarnya sendiri adalah Belalang. Namun ternyata Belalang Goreng ini memiliki rasa yang lezat dan juga bergizi. Belalang Goreng ini adalah salah satu makanan tradisional yang sangat terkenal dari Gunung Kidul, Yogyakarta.

Belalang yang biasanya di gunakan untuk membuat Belalang Goreng ini adalah Belalang kayu yang di tangkap oleh masyarakat di ladang atau sawah. Belalang ini banyak di temukan di pohon – pohon yang ada di sana, biasanya Belalang tersebut dimasak dengan cara digoreng, dibacem goreng atau hanya dibakar saja. Bagi masyarakat Gunung Kidul, Belalang Goreng ini sering dijadikan lauk – pauk untuk makanan sehari – hari, sehingga bisa juga dijadikan sebagai penghasilan alternatif bagi sebagian orang yang mencarinya untuk di jual.
 

Dalam proses pembuatannya, Belalang yang sudah di tangkap kemudian dihilangkan kaki kecil dan sayapnya. Selain itu juga di bersihkan juga kotoran pada bagian dalam perutnya. Setelah di bersihkan, kemudian di cuci hingga bersih dan di campur dengan bumbu. Selanjutnya Belalang yang sudah dibumbui tersebut digoreng. Belalang Goreng ini biasanya disajikan dalam dua jenis yaitu Belalang Goreng Gurih dan Belalang Goreng Bacem. Yang membedakan adalah rasanya, apabila Belalang Goreng Gurih memiliki rasa gurih, berbeda dengan Belalang Goreng Bacem yang memiliki rasa manis. Selain itu Belalang Goreng Gurih biasanya di goreng kering, sedangkan Belalang Goreng Bacem biasanya basah.

Yang menjadi keunikan dari Belalang Goreng ini adalah rasa krenyesnya. Banyak yang mengatakan Belalang Goreng ini rasanya hampir sama seperti Udang. Selain itu walaupun terbilang kuliner ekstrim namun makanan ini termasuk makanan yang halal, bergizi tinggi, dan mempunyai kadar kolesterol dan lemak yang rendah sehingga baik untuk dikonsumsi siapa saja.

Bagi sebagian orang yang belum pernah mencicipi makanan ini, mungkin ada yang alergi setelah memakannya. Hal tersebut biasanya ditandai dengan gatal – gatal pada kulit tubuh kita. Namun menurut masyarakat disana, alergi tersebut bisa disembuhkan dengan cara minum kopi hitam yang diseduh tanpa gula. Cara ini dipercaya dapat menyembuhkan kita dari alergi tersebut.
Gambar : Belalang Goreng
 
Belalang Goreng ini sangat mudah kita temukan di sepanjang jalan arah menuju pantai wisata di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Disana banyak orang yang berjualan di pinggir jalan atau toko oleh – oleh yang menyediakan Belalang Goreng ini. Bagi anda yang berkunjung ke Gunung Kidul, makanan unik satu ini tentu sangat disarankan untuk dicoba.