Cerita Wayang Kulit ( Wahyu Topeng Wojo )

lakon wayang topeng wojo yang menceritakan perjuangan sang putra bratasena dalam mendapatkan topeng wojo, wahyu dari para dewa khayangan, yang diberikan pada gatotkaca karena jasanya membantu para dewa mindah khayangan. Nah tapi karena ada suatu halangan yaitu dari boma narakasura yang juga pingin terhadap wahyu tadi ia menghadap kepada orang tuanya yaitu prabu kresna agar maw membantu dirinya merbut topeng wojo tadi dari pemiliknya yang sah. Maka dengan bantuan yang ayah, boma narakasura malih rupa jadi gatotkoco, sayang rencana ini diketahui oleh sodara sepupunya gatot, sang manusia setengah dewa Wisanggeni yang mencoba mengagalkan rencana itu.

ditengah jalan wisanggeni ketemu sama petruk yang sakit hati karena selalu jadi abdi, wong cilik sing disiak-siakne. Dia pingin kekahyangan alang-alang kumintir untuk pradul sama para dewa agar ia bisa tampan lagi dan kembali jadi putra mahkota di keraja’annya. Maka wisanggeni dan petruk kolaborasi dan berusaha bersama menggagalkan usaha kresna plus boma yang maw cidra terhadap wahyu topeng wojo. Nah singkat cerita duel-lah antara wisangeni dan kresna yang sama-sama sakti.

Perang tanding ini ta da yang menang dan kalah karena kresna dan boma langsung kabur dan terbang ke kahyangan untuk merebut wahyu topeng wojo secara halus dengan meminta pada para dewa. Dan dewa pun tertipu karena sang boma yang menyamar sebagai gatotkaca. Setelah kresna dan boma pergi datanglah gatot kaca meminta hak nya yang ternya telah keduluan oleh prabu kresna dan boma.

Nah kita kembali pada wisanggeni dan petruk tadi petruk yang masih sakit hati dan kesal akan kondisinya pun ditanyai oleh wisanggeni kenapa ia pingin ke kahyangan dengan jujur petruk bilang dia pingin disembah, menjadi ratu. Nah wisanggeni pun menyarankan kalo Cuma pingin jadi ratu gampang gimana kalo petruk nyamar/ malih rupa jadi boma narakasura dan pergi ke keraja’an Trajutrisna dan menjadi raja disana.

Wisanggeni pun membantu petruk untuk mencuri pakai’an boma
narakasura yang disembunyikan dalam bokor di keraja’an dwarawati. Nah akhirnya petruk pun bisa jadi ratu di keraja’an nya boma dan mendapat sembah dari para prajurit dan abdi keraton.

nah kembali lagi kepada gatotkaca sang merasa sakit hati karena wahyu yang seharusnya dia terima ternyata telah di cidra oleh boma dan kresna. Akhirnya gatotkaca ketemu dengan sang maling wahyu. Dan terjadilah duel antara gatotkaca kembar tadi, berhubung gatot kaca asli sakti mandra guna ora tedas tapak alune pande sang boma pun berhasil dia bunuh.

Karna sang boma punya aji pancasona ia selalu hidup lagi kalo depak tanah. Gatotkaca yang kebingungan bagaimana cara mengalahkan maling tadi menghadap sang ayah R. werkudara. Karena kwatir kalo pandawa menghabisi putranya, kresna mengajak sang putra menghadap para pandawa.

Untuk mencegah agar rahasianya tidak diketahui dan sang gatot yang asli coba di fitnah. Nah ketika di depan bima kresna pun bilang bahwa yang bersamanya adalah gatotkaca yang asli dan yang datang duluan adalah malingnya.

Bima pun diminta segera menghabisi atau menghukum gatot yang palsu oleh kresna, tapi yang namanya bima yang jujur dan apa adanya, ga serta merta percaya. dia minta tolong pada kakak bedesnya sang anoman, anoman pun memberi kan jalan dengan syembara bahwa gatotkaca yang asli dapat masuk dalam kendi, nah akhirnya sayembara diadakan di alun-alun, disaksikan para sodaranya antareja dan antasena.

Nah ketika dicoba ternyata sang boma lah yang bisa masuk kedalam kendi nah karena denger kata-kata yang tadi antareja dan antasena langsung menghajar gatotkaca untungnya dapat dicegah oleh anoman bahwa yang seharusnya dipukul yang di dalam kendi, karena anoman taw bahwa gatotkaca yang asli ga bakalan bisa masuk ke dalam kendi, nah sang maling pun dihajar oleh tiga sodara tadi plus tuwek-tuwekane…nah agar anaknya slamet kresna pun membawa anaknya ke dwarawati untuk di ubah kembali menjadi boma, tapi ternyata pakaiannya telah dicuri oleh wisanggeni dan dipake oleh petruk di Trajutrisna.

Mereka pun ke Trajutrisna untuk mengetahui siapa yang mencuri baju tadi. Akhirnya ia ketemu dengan petruk yang telah malih rupa. Ketika petruk ditanyai siapa botohnya muncullah wisanggeni dan sang putra arjuna bertanya pada boma pilih menjadi raja atau wahyu topeng wojo, boma memilih menjadi raja karena tidak rela kalo keraja’anya dipimpin oleh petruk dan karena topeng wojo memang bukan haknya……..

kesimpulan cerita ini adalah golek ono dewe……



cerita wayang, cerita wayang bahasa jawa, cerita wayang kulit, cerita wayang beber, cerita wayang ramayana, cerita wayang golek, cerita wayang mahabarata, cerita wayang arjuna, cerita wayang beber berasal dari, cerita wayang bahasa jawa arjuna,cerita wayang abimanyu dalam bahasa jawa, cerita wayang arjuna bahasa jawa, cerita wayang antasena, cerita wayang adipati karna, cerita wayang adalah, cerita wayang anoman duta, cerita wayang arjuna dan srikandi,cerita wayang bima, cerita wayang bahasa jawa singkat, cerita wayang bahasa jawa semar, bahasa jawa cerita wayang, gaya bahasa cerita wayang,bahasa jawa cerita wayang ramayana, bahasa jawa cerita wayang ramayana sintha kandhusta, cerita wayang b jawa, cerita wayang b.jawa singkat, cerita wayang b.sunda, cerita wayang b.indonesia, cerita wayang b.jawa pendek, cerita wayang cangik, cerita wayang cangik dalam bahasa jawa,cerita wayang cupu manik astagina, cerita wayang cepot,cerita wayang cekak, cerita wayang caranggana, cerita wayang cinta, cerita wayang citraksi, cerita wayang citraksa, cerita wayang candrabirawa dalam bahasa jawa


,cerita wayang dalam bahasa jawa, cerita wayang dewa ruci, cerita wayang dewi sinta dalam bahasa jawa, cerita wayang duryudana dalam bahasa jawa, cerita wayang dewa ruci dalam bahasa jawa, cerita wayang dewi sinta, cerita wayang dewi kunti, cerita wayang dewi anjani, cerita wayang dalam bahasa jawa singkat, cerita wayang dalam bahasa sunda, cerita di wayang, cerita di wayang hari ini, gambar dan cerita wayang, gambar dan cerita wayang kulit, judul dan cerita wayang, tokoh dan cerita wayang, dewa di cerita wayang, cerita wayang ekalaya, cerita wayang epos mahabarata, cerita wayang entus, cerita wayang bambang ekalaya, cerita wayang ki entus, cerita wayang golek erawan palastra, cerita wayang cekel indralaya, cerita wayang wahyu ekajati, cerita wayang dalang entus, cerita wayang ki enthus, cerita wayang full, cerita wayang fabel, cerita wayang versi jawa, cerita wayang free, cerita wayang golek full, cerita wayang kulit full, fungsi cerita wayang, filosofi cerita wayang,fungsi cerita wayang di indonesia, download cerita wayang golek full, cerita wayang gareng, cerita wayang golek bahasa sunda, cerita wayang gatotkaca bahasa jawa, cerita wayang gareng dalam bahasa jawa, cerita wayang gatotkaca gugur, cerita wayang golek si cepot, cerita wayang gugure abimanyu, cerita wayang golek lucu, cerita wayang hanoman, cerita wayang hanoman dalam bahasa jawa, cerita wayang humor, cerita wayang hot, cerita wayang arjuno sosro krido, cerita wayang anoman singkat, cerita wayang hanoman dalam bahasa sunda, cerita wayang hari ini, cerita wayang hasil karya sunan kalijaga, cerita wayang anoman sejarah


cerita wayang indonesia, cerita wayang ing tlatah jawa biasane asale soko kitab, cerita wayang indrajit, cerita wayang india, cerita wayang indrajit dalam bahasa jawa, cerita wayang iku asale soko ngendi, cerita wayang iku asale saka ngendi, cerita wayang ing basa jawa, cerita wayang islam, cerita wayang islami, cerita wayang jawa, cerita wayang jawa singkat, cerita wayang janaka, cerita wayang jawa dalam bahasa jawa, cerita wayang jawa lengkap, cerita wayang jowo, cerita wayang jayadrata gugur, cerita wayang jabang tutuka, cerita wayang jatayu, cerita wayang jawa ramayana, cerita wayang kresna, cerita wayang kumbakarna, cerita wayang kulit bahasa jawa, cerita wayang kulit bahasa indonesia, cerita wayang kumbakarna gugur, cerita wayang kulit semar, cerita wayang kresna dalam bahasa jawa, cerita wayang kulit singkat, cerita wayang kulit wahyu katentreman, cerita wayang lucu ,cerita wayang limbuk, cerita wayang lengkap, cerita wayang laksmana, cerita wayang lucu bahasa jawa, cerita wayang lahirnya wisanggeni, cerita wayang lahire abimanyu dalam bahasa jawa,cerita wayang lahirnya gatotkaca,cerita wayang lahire anoman,cerita wayang mahabarata bahasa jawa,cerita wayang mahabarata bahasa jawa ngoko,cerita wayang modern,cerita wayang maharsi wiyasa,cerita wayang mahabarata dan ramayana,cerita wayang menggunakan bahasa jawa,cerita wayang mahabarata lengkap,cerita wayang mahabarata bahasa jawa singkat,cerita wayang madya,cerita wayang nakula,cerita wayang nakula sadewa,cerita wayang nakula dalam bahasa jawa,cerita wayang nakula sadewa bahasa jawa,cerita wayang nakula bahasa jawa,cerita wayang nakula dan sadewa,cerita wayang nganggo basa jawa,cerita wayang nganggo bahasa jawa,cerita wayang nusantara,cerita wayang nakula nganggo basa jawa,cerita wayang orang,cerita wayang orang sriwedari,cerita wayang orang anoman obong,cerita wayang orang banyak diambil dari kisah,cerita wayang orang mahabarata,cerita wayang online