√ Soto Kediri Makanan Tradisional Dari Kediri, Jawa Timur

Soto Kediri adalah makanan tradisional soto ayam yang khas dari Kediri, Jawa Timur. Soto Kediri ini sekilas hampir sama dengan soto ayam pada umumnya, namun memiliki rasa yang khas dan penyajiannya sedikit berbeda. Soto Kediri ini merupakan salah satu makanan tradisional yang cukup terkenal di Kediri, Jawa Timur.

Keistimewaan Soto Kediri

Soto Kediri ini terdiri dari bahan – bahan yang sama dengan soto ayam pada umumnya, hanya saja yang membedakan adalah kuah sotonya. Kuah Soto Kediri ini dibuat dengan tambahan santan sehingga menghasilkan kuah yang sedikit kental, lebih gurih dan menyegarkan. Kuah santan ini lah yang menjadi salah satu keistimewaan dari Soto Kediri dan berbeda dengan soto lainnya.
 
 

Pengolahan Dan Penyajian Soto Kediri

Bahan yang digunakan untuk Soto Kediri ini hampir sama dengan soto ayam lainnya, yaitu daging ayam, mie dan bahan pelengkap lainnya. Sedangkan kuah Soto Kediri ini terbuat dari kaldu ayam, santan dan racikan bumbu khusus. Untuk daging ayam yang digunakan biasanya menggunakan daging ayam kampung sehingga menghasilkan rasa kuah yang gurih dan aroma ayamnya terasa.

Soto Kediri ini disajikan dengan nasi hangat dan bahan pelengkap lainnya seperti kol, kecambah, irisan telur dan suwiran daging ayam. Sebagai penambah rasa disediakan juga jeruk nipis, cabe rawit dan kecap. Untuk penyajian Soto Kediri ini, biasanya penjual menyajikannya secara terpisah sehingga kita bisa meracik sendiri sesuai dengan selera kita. Selain itu beberapa penjual Soto Kediri juga menyediakan ayam bakar sebagai pendamping sajian sotonya. Ayam bakar ini juga merupakan menu special, karena  dagingnya dimasak terlebih dahulu sebelum dibakar, sehingga bumbunya lebih meresap dan tingkat kematangannya maksimal.

Cita Rasa Soto Kediri

Soto Kediri ini memiliki cita rasa yang sangat khas terutama pada kuahnya. Kuah santan pada Soto Kediri ini terasa gurih dan terasa halus, sehingga tidak terasa eneg. Selain itu Soto Kediri ini akan terasa special bila disajikan dengan ayam bakarnya. Perpaduan rasa soto yang gurih dan rasa ayam bakar yang khas, tentu memberikan sensasi tersendiri saat kita menyantapnya.
 
 

Tempat Kuliner Soto Kediri

Soto Kediri ini merupakan salah satu makanan tradisional yang cukup terkenal di Kediri, Jawa Timur. Di sana makanan ini sangat mudah kita temukan, salah satunya di sekitar kawasan terminal tamanan, kota Kediri. Disana banyak warung – warung yang menjajakan Soto Kediri ini, sehingga banyak juga yang menyebutnya Soto Tamanan. Bagi anda yang berkunjung ke sana menggunakan bis, anda bisa langsung mencari warung Soto Kediri ini dan menikmatinya.