√ Jerangking Makanan Tradisional Dari Magetan, Jawa Timur

Jerangking adalah makanan tradisional sejenis kerupuk yang terbuat dari beras ketan. Makanan ini sekilas hampir mirip dengan kerupuk lempeng, hanya saja Jerangking memiliki ukuran yang lebih kecil dan rasanya pun sangat khas. Jerangking ini merupakan salah satu makanan khas dari Magetan, Jawa Timur. Selain dijadikan untuk menu cemilan, Jerangking ini juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan yang datang ke sana.

Keistimewaan Jerangking

Salah satu keistimewaan dari Jerangking ini adalah dari proses pengolahannya. Tidak seperti kerupuk pada umumnya yang diolah dengan cara digoreng, Jerangking ini diolah dengan cara dipanggang sehingga tidak mengandung minyak dan kolesterol. Selain itu Jerangking ini juga memiliki aroma sedikit gosong, sehingga menghasilkan cita rasa yang khas dan berbeda dengan jenis kerupuk lainnya.
 
 

Pengolahan Jerangking

Proses pengolahan Jerangking ini cukup sederhana dan unik. Pertama beras ketan dimasak hingga matang dan menjadi ketan. Kemudian ketan tersebut ditumbuk hingga menjadi adonan lengket. Setelah itu adonan dipres dengan mesin pres maupun alat tradisional hingga menjadi tipis. Setelah berbentuk tipis kemudian dipanggang. Jerangking ini biasanya diolah tanpa menggunakan bahan perasa apapun sehingga rasanya sangat alami. 

Cita Rasa Jerangking

Jerangking ini memiliki cita rasa yang sangat khas. Walaupun tanpa menggunakan bahan perasa, Jerangking ini memiliki rasa yang gurih. Selain itu aroma yang sedikit gosong hasil pemanggangan ini menambah sensasi tersendiri saat memakannya. Untuk teksturnya, Jerangking ini memiliki tekstur yang renyah, namun apabila disimpan di tempat yang tidak tepat maka teksturnya akan mengeras. Jerangking ini sangat sehat untuk dikonsumsi, karena pengolahannya yang dipanggang sehingga tidak mengandung minyak dan kolesterol.
 
 

Tempat Kuliner Jerangking

Jerangking ini merupakan makanan tradisional yang cukup terkenal di Magetan, Jawa Timur. Di sana, Jerangking ini banyak dijual dan di produksi. Selain dijual di warung-warung, Jerangking ini juga bisa kita temukan di pusat oleh-oleh yang ada di daerah Magetan. Sehingga bagi anda yang berkunjung ke sana bisa dengan mudah mencarinya.
 
Searches related to Makanan Tradisional Dari Magetan

  • buah khas magetan
  • camilan khas magetan
  • minuman khas magetan
  • wisata kuliner di magetan jawa timur
  • jajanan khas magetan mbah sum selosari kabupaten magetan jawa timur
  • tempat makan asyik di magetan
  • kerajinan khas magetan
  • oleh oleh khas sarangan