√ Nasi Kikil Makanan Tradisional Dari Jombang, Jawa Timur

Nasi Kikil adalah makanan tradisional berupa nasi yang dihidangkan bersama dengan sayur lodeh kikil. Nasi Kikil ini biasanya disajikan dengan sederhana yaitu menggunakan daun pisang yang dipincuk. Walaupun penyajiannya sederhana, makanan satu ini juga memiliki rasa yang sangat khas. Nasi Kikil ini merupakan salah satu makanan tradisional dari Jombang, Jawa Timur.

Keistimewaan Nasi Kikil

Salah satu keistimewaan Nasi Kikil ini adalah sayur lodehnya. Sayur lodeh ini terbuat dari nangka muda, pepaya muda, kikil sapi dan bahan tambahan lainnya. Selain isinya yang unik, sayur lodeh kikil ini memiliki cita rasa yang khas dan sangat menggugah selera.
 
 

Pengolahan Dan Penyajian Nasi Kikil

Nasi yang digunakan pada sajian Nasi Kikil ini merupakan nasi putih biasa. Sedangkan sayur lodehnya terbuat dari irisan nangka muda, pepaya muda dan kikil sapi. Untuk kikil sapi ini merupakan kikil pilihan yang diolah dengan cara khusus dan waktu yang cukup lama, sehingga menghasilkan kikil yang kenyal dan tidak alot. Selain kikil ada juga beberapa penjual yang menambahkan ati, kulit dan paru sapi sebagai variasi. Kemudian bahan tersebut dimasak dengan bumbu khusus dan air santan.

Dalam penyajiannya, sayur lodeh tersebut disajikan bersama nasi hangat menggunakan daun pisang yang di bentuk kerucut atau dipincuk. Untuk menikmati Nasi Kikil tersebut biasanya ditemani dengan lauk seperti daging, paru, babat dan empal. Selain itu biasanya penjual Nasi Kikil juga menyediakan menu lauk pauk lain yang bisa kita pilih sesuai dengan selera kita.

Cita Rasa Nasi Kikil

Nasi Kikil ini memiliki cita rasa yang sangat khas. Kuah santannya yang gurih dan sedikit pedas sangat terasa mendominasi makanan  satu ini. Sayur lodeh ini juga memiliki aroma yang sangat khas sehingga sangat menggugah selera. Selain itu tekstur kikil yang kenyal tentu memberikan sensasi tersendiri saat kita menyantapnya.
 
 

Tempat Kuliner Nasi Kikil

Nasi Kikil ini merupakan salah satu makanan tradisional yang cukup terkenal di Jombang, Jawa Timur, sehingga sangat mudah kita temukan. Disana biasanya banyak warung – warung yang menyediakan makanan ini pada malam hari. Tentunya dengan harga yang relatif murah, anda sudah bisa menimati satu porsi Nasi Kikil ini. Bila anda yang berkunjung ke Jombang, Jawa Timur, makanan ini bisa dijadikan sebagai pilihan bagi anda, untuk menikmati makanan tradisional di sana.