√ Lengkap 9 Alat Musik Tradisional Jawa Tengah Beserta Gambarnya

Alat Musik Tradisional Jawa Tengah

Jenis alat musik tradisional Jawa tengah berbagai macam, ada yang dimainkan dengan cara dipukul, ditiup, atau hanya disenggol-pun sudah menghasilkan suara. Ada beberapa alat musik Jawa tengah yang mirip dengan Jawa timur dan Jawa barat, yakni: Bonang dan Gamelan, lalu Angklung, suling dan gendang.
Berikut daftar alat musik tradisional Jawa tengah dan keterangannya

1. Saron

alat musik saron
Gambar alat musik tradisional saron
Saron adalah instrumen musik gamelan yang masih termasuk kedalam kategori “balungan”, mungkin tidak banyak dari anda yang mengenalinya tapi ketika anda mendengar nama dan gambar alat musik tradisional Jawa tengah dengan sebutan “rindik” mungkin akan langsung terbayang seperti apa rupanya
Peranan alat musik saron sangatlah besar, terbukti dalam sebuah set gamelan biasanya lebih dari 2 buah saron digunakan dengan nada versi pelog dan slendro. Dengan ukuran fisik yang lebih kecil, saron bisa menghasilknan nada satu oktaf lebih tinggi daripada demung.
Ada teknik yang disebut memathet, apakah itu? memathet adalah teknik memainkan saron dengan tangan kanan memukul wilahan / bagian logam saron. Lalu tangan kiri memencet wilahan yang dipukul untuk menghilangkan getaran yang tersisa agar menjadi rapih dan apik.

Teknik memainkan Saron

Berikut ini adalah teknik yang biasa untuk memainkan saron:
  • Mbalung
  • Tabuhan pinjalan
  • Tabuhan imbal
  • Pancer
Bahkan alat musik saron pun terkenal hingga keluar negeri, seperti di Grinnell College Musical Instrument Collection dan di dalam buku yang berjudul “Traditions of Gamelan Music in Java: Musical Pluralism and Regional Identity” yang ditulis oleh R. Anderson Sutton

Baca Juga:

√ Penjelasan 9 Tarian Tradisional Dari Sumatera Barat Lengkap


2. Demung

demung
Gambar alat musik tradisional gamelan demung
Seperti saron, Demung masih termasuk dalam kategori keluarga balungan. Biasanya didalam sebuah set gamelan terdapat 2 buah demung yang memiliki versi nada pelog dan slendro, ukuran fisiknya memang besar namun untuk hasil nada yang dihasilkan, demung memiliki oktaf terendah dalam keluarga balungan.
Cepat lambat, atau keras dan lemah dari penabuhan alat musik demung ini tergantung dari komando pemain gendang. Dalam memainkan demung, tangan kanan memukul bagian logam dengan tabuh lalu tangan kiri memencet logam yang baru dipukul barusan untuk mengecilkan suara yang dihasilkan

3. Kenong

alat musik kenong
Gambar alat musik tradisional kenong
Kenong juga merupakan salah satu alat musik tradisional di Jawa tengah yang menyusun instrumen gamelan. Kenong umumnya dengan dipukul oleh satu alat pemukul. Kenong berfungsi sebagai penegas irama dan batas-batas gatr. 
Ukuran kenong lebih besar daripada bonang, kenong juga dipukul dengan menggunakan alat pemukul kayu yang berlilitkan kain. Jumlah kenong dalam satu set instrumen gamelan biasanya lebih dari 6 buah.
Bentuk kenong yang besar menghasilkan suara yang rendah namun nyaring didengar dengan suara yang ditimbulkan ditelinga terdengar khas. Dalam gamelan, suara yang dihasilkan kenong mengisi sela-sela antara kempul

4. Slenthem

slenthem
Gambar alat musik tradisional slenthem
Slenthem terdiri dari lembaran logam yang tipis lalu diuntai dengan tali dan direntagnkan di atas tabung-tabung, nama alat musik tradisional Jawa tengah yang satu ini memang sulit dan jarang didengar, namun Slenthem merupakan salah satu dari penyusun alat musik instrumen gamelan.
Beberapa orang menamakan slenthem dengan sebutan gender  penembung. Sama seperti instrumen lainnya, slenthem memiliki versi slendro dan versi pelog-nya juga,
Menurut bentuknya, slenthem termasuk anggota gender, terkadang ia dinamakan gender panembung. Anda bisa membedakan slenthem dengan melihat bilahnya, slenthem memiliki bilah sebanyak bilah saron. Slenthem memiliki oktaf paling rendah dalam kelompok instrumen saron, seperti demung dan saron barung. Slenthem memainkan balungan dalam wilayah yang terbatas.

5. Gong dan Kempul

alat musik gong
Gambar alat musik tradisional gong
Kempul merupakan salah satu dari perangkat gamelan yang dimainkan dengan cara ditabuh, Kempul mirip dengan gong karena memang kempul  biasanya di gantung menjadi 1 dengan gong. Kempul bisa dibilang juga anak dari gong karena bentuk fisiknya yang lebih kecil ketimbang gong.
kempul
Gambar alat musik tradisional kempul
Kempul termasuk alat musik gamelan yang keras. Dalam sebuah lagu/gendhing, kempul bisa memainkan nada yang sama dengan balungan, terkadang kempul mendahului nada balungan berikutnya. Jika anda mencoba mencari gambar alat musik tradisional dari Jawa tengah terutama kempul, jangan heran ketika muncul gamelan ataupun gong.
Pengenalan serta pengamatan alat musik tradisional kempul juga menarik minat warga asing, Benjamin Brinner menulis tentang kendhang, vokal, Gerong, penerusan, saron, kenong dan kempul dalam bukunya yang berjudul “Knowing Music, Making Music: Javanese Gamelan and the Theory of Musical” buku ini sampai sekarang ada di The University of Chicago Press Books

6. Gambang

alat musik gambang
Gambar alat musik tradisional gambang
Ketika kita mendengar nama alat musik tradisional Jawa tengah gambang, tentunya yang langsung terlintas di pikiran kita adalah kebudayaan gambang keromong atau alat musik betawi yang terdiri dari 18 bilah bambu yang dimainkan dengan cara dipukul.
Dalam sebuah sajian karawitan alat musik tradisional gambang digunakan sebagai pangrengga sebuah lagi, di beberapa daerah seperti Bali terdapat pula alat musik gambang, namun ada saat saat khusus dimana gambang tidak boleh dimainkan.

7. Siter

alat musik siter
Gambar alat musik tradisional siter
Siter lebih sering ditemukan berpasangan dengan celempung dalam sebuah set gamelan Jawa, jika celempung memiliki 13 pasang senar, siter hanya memiliki 11 pasang senar. Ciri yang bisa anda temui adalah 1 senar dipasang dengan nada pelog dan senar lainnya menggunakan nada slendro.
Panjang sebuah siter lebih pendek dibandingkan celempung yang hanya mencapai 30 cm saja, Siter dimasukkan kedalam sebuah kotak ketika ingin dimainkan, selain itu siter juga disetel satu oktaf diatas celempung.
Untuk memainkan alat musik tradisional siter, pemainnya harus menggunakan ibu jari untuk memetik senar dan jari lainnya digunakan untuk menahan getaran dari senar yang dipetik. Hal ini memang sudah menjadi teknik dan ciri khas dari sebuah instrumen gamelan Jawa.

Baca Juga:

√ 9 Tarian Tradisional Dari Aceh Terpopuler


8. Gender

alat musik gender
Gambar alat musik tradisional gender
Sebenarnya alat musik tradisional Jawa tengah yang satu ini sangat sering kita jumpai meskipun tidak di daerah Jateng sekalipun, Gender merupakan alat musik logam yang dimainkan dengan cara dipukul. Gender memiliki 10 – 14 batang logam yang bernada dan diatas resonator atau seng.
Alat musik ini juga memiliki nama sebutan lain seperti Gender barung dan Gender panerus. Pada gamelan Jawa yang lengkap, terdapat 3 jenis gender, yakni gender slendropelog pathet nem dan lima dan pelog pathet barang. Memang cukup sulit dibedakan dengan alat set gamelan yang lain karena bentuk gender mirip dengan slenthem.
Banyak pendapat yang saya dengar mengenai Jawa tengah, ada yang bilang bahwa pusat dari kebudayaan pulau Jawa adalah di Jawa tengah. Gamelan Jawa dulunya merupakan budaya Hindu yang oleh sunan Bonang digugah untuk mendorong kecintaan makhluk terhadap sesama.

Related Posts

√ Lengkap 9 Alat Musik Tradisional Jawa Tengah Beserta Gambarnya
4/ 5
Oleh