√ Artikel Tari Pingan Tarian Tradisional Dari Kalimantan Barat

Tari Pingan adalah salah satu tarian tradisional dari Kalimantan barat yang berupa hiburan rakyat. Pingan dalam bahasa Dayak Mualang berarti piring yang terbuat dari batu atau tanah liat. Sesuai dengan namanya, tarian ini menggunakan piring sebagai attribute dalam menari.

Tarian ini awalnya merupakan tarian adat yang di sajikan untuk menghibur masyarakat dalam setiap acara tradisional seperti gawai, pernikahan dan lain – lain. Tarian ini merupakan tarian yang atraktif, dengan menggunakan piring sebagai attribute menarinya. Dalam setiap gerakannya tak jarang mengundang decak kagum para penonton yang melihatnya.
 

Gerakan dalam tarian ini lebih menekankan pada gerakan yang atraktif menggunakan piring sebagai attribute menarinya dan di padukan dengan gerakan seni tari. Gerakan dalam tarian ini diadaptasi dari gerakan  silat tradisional dengan gerakan yang lincah dan atraktif yang sering kali membuat kagum para penontonnya. 

Dalam Tari Pingan ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu Tari Pingan inok (wanita) dan Tari Pingan laki (laki – laki). Dalam jenis tarian ini terdapat perbedaan pada gerakan yang mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda pada gerakan atraksinya. Dalam hal ini Tari Pingan laki memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi di bandingkan dengan Tari Pingan inok.

Dalam pertunjukannya,  penari membawa piring/pingan di kedua tangannya yang di gunakan untuk attribute menari. Selain itu penari di lengkapi dengan cincin di jari tengah para penari, sehingga saat penari memainkan piringnya akan menimbulkan suara apa bila piring dan cincin bersentuhan. Gerakan memainkan piring tersebut disesuaikan dengan iringan tebah agar suara dari pingan tersebut saling mengisi dengan suara iringan tebah. Tebah merupakan musik tradisional yang terdiri dari tawag, entebong (gendang panjang), dan tincin timah peningkak.
Gambar : Gerakan Tari Pingan
Tari Pingan ini sekilas hampir sama dengan tari piring dari Padang, Sumatera barat. Namun yang membedakan dalam tarian ini adalah gerakannya yang lebih menekankan pada gerakan yang atraktif. Sedangkan tari piring lebih menekankan pada permainan piring yang anggun.
 

Walaupun Tari Pingan ini merupakan salah satu tarian tradisional yang sudah lama, namun tarian ini masih tetap di lestarikan. Banyak sanggar budaya di sana yang masih melestarikan tarian ini sebagai salah satu tarian tradisional di Kalimantan barat. tarian ini masih sering di pertunjukan di berbagai acara daerah seperti gawai, penyambutan tamu dan juga festival budaya.