√ Lengkap Alat Musik Tradisional Sunda Beserta Gambarnya

Alat Musik Tradisional Sunda

Banyaknya suku, kesenian dan kebudayaan di Indonesia membuat perbedaan seakan semakin indah jika kita mencoba untuk menutup ego kita sendiri dan meningkatkan rasa toleransi kita terhadap sesama, banyaknya orang yang mencoba mengadu kita baiknya kita singkirkan dan tak ambil pusing.
Daripada kita memikirkan hal yang membuat tanah air menjadi terpecah belah, marilah kita bersama mempelajari dan memperluas wawasan kita terhadap alat musik tradisional, untuk saat ini saya ingin mencoba untuk mengulas tentang 10 alat musik tradisional Sunda.

1. Bangbaraan

alat musik bangbaraan
Gambar alat musik bangbaraan
Bangbaraan merupakan alat musik tradisonal Sunda peninggalan kerajaan Sukapura yang terbuat dari bambu bernada menyerupai ‘karinding’ dan dahulu sering dipakai anak-anak menggembala kerbau
terutama ketika ritual misalin dilakukan. Misalin adalah tradisi bersuci dan mengantarkan makanan (pontrang) yang dilakukan warga setiap kali menjelang Ramadan.
Bentuknya mirip bilah angklung. Salah satu ujung ruas diraut hingga memiliki dua sisi. Sebuah lubang dibuat pada ujung yang lain. Saat dibunyikan, suaranya mirip karinding.
Bambunya dipilih yang tua dan berkualitas. Bambu dijemur dulu selama tiga bulan sebelum dibuat menjadi celempung atau bangbaraan
Pada kesenian karinding, pemain memerlukan alat bantu sound system agar suaranya terdengar keras. Tetapi bangbaraan tidak perlu alat bantu. Suara yang dihasilkan oleh tiga pasang bangbaraan sudah cukup untuk dapat didengar dengan baik
Tentu saja, ketika ditampilkan, tak hanya bangbaraan yang dimainkan. Ada juga celempung, kempringan, dan kecrek.

2. Cacaian

Cacaian adalah alat musik tradisional Sunda yang cukup unik. Selain karena ukurannya yang sangatlah kecil, alat musik tradisional ini menghasilkan suara yang ramai tapi tidak berisik ditelinga, suaranya terdengar seperti gemericik air yang mengalir.
Untuk memainkan alat musik ini sangatlah mudah, cukup dengan membolak-balik tubuh dari alat musik ini nantinya ia akan menghasilkan suara. Cacaian memiliki wujud berupa potongan batang bambu yang panjang dan dibuang ruasnya lalu berisi biji-bijian pada bagian dalamnya.

3. Calung

Calung adalah alat musik purwarupa dan termasuk kedalam jenis alat musik idiofon yang terbuat dari bambu, Calung cukup dikenal juga oleh masyarakat Banyumas (salah satu Kabupaten di Jawa Tengah). Hingga saat, Calung yang kita ketahui memiliki 2 bentuk yang dikenal masyarakat umum yakni Calung Rantay dan Calung Jinjing.

Calung Rantay

alat musik calung rantay
Gambar alat musik calung rantay
Calung Rantay memiliki 7 wilahan (ruas bambu) atau lebih yang tabungnya dideretkan dan diurutkan dari ukuran yang terbesar hingga terkecil. Cara memainkan Calung rantay adalah dengan dipukul dengan dua tangan sambil duduk sila, Calung jenis ini bisa anda temukan terikat di pohon atau bilik rumah di daerah Banjaran, Bandung.

Calung Jinjing

alat musik calung jinjing
Gambar alat musik calung jinjing
Calung Jinjing terdiri dari 4 -5 buah bambu, layaknya Calung kingking (12 bambu), Calung Panepas (5 bambu), Calung Jongrong (5 bambu) dan Calung Gonggong (2 bambu).Cara memainkan Calung jenis ini dengan cara dipukul dengan tangan kanan dengan menggunakan alat pemukul dan tangan kiri memegang alat musiknya.

Baca Juga:

√ Artikel Tari Topeng Betawi Tarian Tradisional Dari Jakarta


4. Degung

alat musik degung
Gambar alat musik degung
Degung adalah alat musik yang dikenal berasal dari Sunda, menurut fungsinya Degung dibagi menjadi 2 macam arti yaitu sebagai perangkat gamelan Jawa dan juga sebagai bagian dari laras Salendro yang biasanya dimanfaatkan untuk mengiringi acara tradisional semacam wayang, tari, kliningan, jaipongan dan lain-lain.
Dulunya, Degung hanya bisa ditabuh secara gendingan atau secara instrumental dan sempat ada larangan untuk menggunakan nyanyian dalam permainan degung ini di Cianjur pada tahun 1912-1920, karena dianggap permainan musik itu akan terganggu “keseriusan”nya
Tak hanya di Indonesia saja, ternyata nama Degung sudah cukup mendunia. Sebagai contoh jika anda mencari literatur tentang alat musik ini, anda bisa menemukannya di “Lingkung Seni Pusaka Sunda” di University of California
Di luar Indonesia pengembangan degung dilakukan oleh perguruan tinggi seni dan beberapa musisi, misalnya Lingkung Seni Pusaka Sunda University of California, atau anda bisa melihat dalam buku yang ditulis oleh Henry Spiller yang berjudul “Gamelan: The Traditional Sounds of Indonesia, Volume 1“

5. Goong Tiup / Gong Tiup

alat musik goong tiup
Gambar alat musik goong tiup
Suara yang dihasilkan terbilang sangatlah unik, seperti pesawat yang sedang terbang dekat dengan kita dicampur dengan suara layangan “koang” yang pitanya ditiup angin tapi suaranya terdengar sangat tegas dan tidak sumbang ditelinga kita.
Fungsi dari alat musik ini bisa menjadi gong besar dan juga menjadi gong kecil sebagai mana yang saya kutip dari fungsi Goong tiup ini.
Goong tiup nyaeta goong anu dijieun tina awi gombong, diamenkeun ku cara ditiup. Pungsina bisa jadi goong gede jeung goong leutik (kempul). Gede-leutikna sora gumantung kana cara ngeser jeung ngatur panyocok nu aya dina awi.
Namun teknik bermain dari goong ini tergantung dari pemainnya, goong tiup sangat indah jika dimainkan secara kelompok (setidaknya 2 orang).

6. Kacapi Suling

Alat musik Kacapi ini sangat melekat dengan budaya Sunda dan sangatlah berpengaruh pada kesenian Tembang Sunda atau Cianjuran karena perannya yang digunakan sebagai alat musik utama saat pertunjukan berlangsung.
Kata “Kacapi” yang dimaksudkan merujuk pada tanaman Sentul yang diyakini kayunya sebagai bahan pembuatan alat musik ini.

Bentuk Kacapi Suling

alat musik kacapi suling
Gambar alat musik kacapi suling
Kacapi suling merupakan sebuah kotak resonansi yang memiliki lubang dengan fungsi sebagai tempat keluarnya suara. Bagian samping dari kacapi jenis ini dibentuk dan diukir sebaik mungkin agar bentuknya mirip perahu. Dulunya alat musik Kacapi jenis ini dibuat dari bongkahan kayu yang langsung diukir.

7. Karinding

alat musik karinding
Gambar alat musik karinding
Selain Suling dan Goong Tiup, ada lagi alat musik tradisional suku Sunda yang dimainkan dengan cara ditiup. Nama alat musik tradisional sunda yang satu ini memanglah tidak asing karena ada berbagai tempat orang untuk mencari alat musik Karinding.
Tempat-tempat seperti Tasik, Garut, Cianjur membuat alat musik ini dari pelepah kawung (enau) dan tentunya jika anda mencari harga karinding alat musik tradisional sunda yang cocok harusnya anda datang langsung ke daerah ini sekaligus melakukan refreshing.

Cara memainkan Karinding

Karinding ditempatkan di bibir pemain, lalu tepuk bagian pemukulnya agar nantinya ada resonansi suara yang dihasilkan. Karinding bisa dimainkan secara solo juga sebagai penghibur diri atau jika anda ingin memainkan berkelompok juga bisa, sekaligus mengasah kemampuan kolaborasi anda.
Dalam sebuah kelompok itu tentunya akan ada pengatur nada dan pengatur ritme musiknya. Di daerah seperti Ciawi, dulunya Karinding dimainkan berbarengan dengan alat musik tiup “Takokak”.

8. Kohkol

alat musik kohkol
Gambar alat musik kohkol
Kohkol adalah sebutan oleh suku Sunda untuk Kentungan, apakah memang betul sebuah kentungan bisa dimainkan menjadi alat musik? memang aneh terdengarnya namun seperti yang kita tahu pada umat muslim jika anda ingin bangun sahur pada bulan ramadhan, biasanya akan ada orang berkeliling memainkan kentongan bersama-sama.
Kohkol-pun memiliki kegunaan yang sama, di daerah asalnya Kohkol bisa digunakan sebagai alat memanggil warga desa, mengingatkan bahaya (seperti adanya maling) dan juga seperti yang saya sindir diatas, sebagai alat musik perkusi.
Dalam buku berjudul “Khazanah seni pertunjukan Jawa Barat”yang ditulis oleh ditulis oleh Enoch Atmadibrata, Nang Hendi K. Danumiharja, Yuli Sunarya juga dijelaskan bagaimana jadinya Kohkol bisa menjadi alat musik tradisional.

Baca Juga:

√ Artikel Sampe Alat Musik Tradisional Suku Dayak Di Kalimantan


9. Suling

alat musik suling sunda
Gambar alat musik suling
Suling merupakan alat musik tiup yang kegunaannya mungkin kita sudah ketahui bersama, selain bisa digunakan untuk menghibur diri sendiri, Suling-pun juga bisa dimanfaatkan sebagai pengiring lagu, orkestra, aransemen lagu, dan tentunya juga sebagai media belajar lagu tradisional daerah.
alat musik tradisional Sunda Suling itu sendiri juga tak hanya terkenal di Indonesia saja, baru-baru ini (2017) jika anda mencari tentang “Gamelan Susheela Raman” pasti anda akan menemukan fakta dimana ada alat musik seperti Suling yang ditampilkan dalam sebuah pentas musik, atau anda bisa mencari video “tomorrow never knows” di internet.
Tak hanya sampai disitu, ternyata suling juga memiliki berbagai macam jenis tergantung dari kebutuhannya. Contoh dari jenis-jenis Suling yang bisa anda ketahui antara lain: suling modern, suling konser, suling piccolo, suling open-holed atau lebih dikenal dengan french flute.

Harga alat musik tradisional Sunda Suling

Nama Harga
 1 Set Suling = 2 Suling (1 suling lubang 6) (1 suling lubang 4)  Rp.150.000
 1 Set Suling = 7 Pcs (7 Kunci Nada) (5 Lubang)  Rp.250.000 

 

10. Toleat

alat musik toleat
Gambar alat musik toleat
Selain alat musik tradisional gamelan sunda, ada alat musik tradisional lain yang tak kalah menarik yaitu Toleat. Toleat merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara ditiup, Toleat diyakini berasal dari tradisi masyarakat Pamanukan, Kab. Subang.
Toleat memang belum banyak dikenal publik karena menurut informasi yang saya dapat, masyarakat Subang sendiri belum terlalu mengenal Toleat  karena hanya ada 2 orang yang waktu itu yang bisa kita sapa dengan sebutan “Mang Parman dan Bpk. Asep Nurbudi