√ Artikel Bakpia Oleh – Oleh Khas dari Yogyakarta

Bakpia adalah makanan tradisional dari Yogyakarta sejenis kue yang berisi campuran kacang hijau. Bentuknya yang kecil dan rasanya yang manis dan gurih memberikan cita rasa yang khas pada makanan satu ini. makanan ini sangat terkenal dan di gemari oleh masyarakat Yogyakarta ataupun wisatawan yang datang kesana. Selain itu Bakpia ini juga menjadi salah satu oleh – oleh khas dari Yogyakarta.
 
 

Menurut beberapa sumber, Bakpia ini awalnya berasal dari China. Di sana, Bakpia ini disebut dengan “tou luk pia” yang dalam dialek hokkian berarti “kue isi daging”. Namun Bakpia di Yogyakarta telah diadaptasi dan disesuaikan dengan masyarakat Yogyakarta, sehingga Bakpia yang di awalnya merupakan kue isi danging di ganti dengan isi kacang hijau. Rasanya pun mengalami perbedaan dan memiliki cita rasa yang khas.

Bakpia ini mulai diperkenalkan di Yogyakarta pada sekitar tahun 1948an. Makanan ini pertama kali diperkenalkan oleh keluarga keturunan China yang mencoba membuat Bakpia sebagai industri rumahan mereka di daerah kampung pathok, Yogyakarta. Pada awalnya Bakpia ini hanya dijajakan dari rumah ke rumah secara eceran dan hanya dikemas dalam besek (wadah makanan yang terbuat dari anyaman bambu). Seiring dengan perkembangannya, mulai banyak diminati oleh masyarakat dan orang yang berkunjung ke Yogyakarta. sehingga banyak pula yang memproduksi dan dijadikan oleh - oleh khas dari Yogyakarta. 

Bakpia ini hampir sama dengan Roti bakpao, namun yang membedakan adalah bentuknya yang kecil dan teksturnya yang kering namun empuk. Bakpia ini terbuat dari bahan campuran kacang hijau dan gula yang di bungkus dengan adonan tepung lalu dipanggang. Dalam proses pembuatan Bakpia ini membutuhkan keahlian khusus karena bila tidak dilakukan dengan benar, maka bentuk dan rasanya tidak akan sempurna.
Gambar : Bakpia
 
 
Di Yogyakarta Bakpia ini mulai banyak perkembangan. Selain banyaknya orang yang memproduksi makanan ini, juga mulai banyak varian rasa yang dikembangkan seperti rasa keju, rasa coklat dan rasa lainya. Setiap tempat penjual Bakpia tentunya memiliki ciri khas tersendiri dalam segi rasa, bentuk atau kemasannya. Bakpia ini sangat mudah kita temukan toko oleh – oleh atau toko kue yang ada di Yogyakarta. Bagi anda yang berkunjung ke Yogyakarta, Bakpia ini bisa menjadi pilihan untuk dijadikan sebagai oleh – oleh.