Contoh Cerkak Bahasa Jawa ( Yati Menik Sri Panggung Kethoprak )

Cerkak bahasa Jawa merupakan cerita cekak atau cerita pendek yang disajikan dalam bahasa jawa. Bentuknya berisi sebuah cerita yang memiliki berbagai alur cerita.
Cerkak bahasa jawa biasanya terdapat substansi yang disematkan dalam cerita untuk memberi pengaruh baik kepada pembacanya, misalnya saja budi pekerti, pendidikan, moral, impian, keteladanan, kesehatan, cita-cita, dan lain sebagainya.
Dalam penyampaiannya, cerkak bahasa jawa disajikan dengan berbagai bahasa, seperti cerkak yang menggunakan bahasa jawa ngoko, dan ada juga cerkak yang menggunakan bahasa krama.
Cerkak cenderung kurang kompleks jika dibandingkan dengan novel. Cerkak biasanya menceritakan satu cerita, mempunyai satu plot alur, jumlah tokohnya terbatas, dan waktu cerita cenderung singkat. 
 
 

Pengertian Cerkak

Dalam bentuk-bentuk fiksi yang lebih panjang, cerita cerkak memuat unsur-unsur inti tertentu dari struktur dinamis :
  • Eksposisi yaitu tentang settingnya, situasi, dan tokoh dalam cerita.
  • Komplikasi yaitu kejadian yang ada dalam cerita yang mengenalkan tentang konflik yang dialami tokoh utama.
  • Kejadian yang singkat dan krisis yaitu waktu yang menentukan si tokoh utama dan komitmennya.
  • Klimaks yaitu titik paling atas di dalam terjadinya konflik yang dialami tokoh di dalam kejadian yang paling penting.
  • Penyelesaian yaitu di mana cerita terjadinya konflik mulai terpecahkan.
  • Pesan Moral yaitu biasanya berisi pesan kesan dan pesan moral dari penulis yang berada pada cerita.
Karena pendek, cerita cerkak bisa memuat pola ini ataupun bisa juga tidak. Untuk contohnya, cerita-cerita cerkak modern hanya satu kali mengandung eksposisi. Yang lebih umum yaitu awal yang mendadak, dengan cerita yang bahas di tengah aksi kejadian. Seperti dalam cerita-cerita yang lebih panjang, plot dari cerita cerkak juga mengandung klimaks atau titik balik.
Akan tetapi, akhir dari semua cerita cerkak biasanya mendadak dan bisa mengandung ( bisa jadi iya bisa jadi tidak) pesan moral. Seperti banyak dalam bentuk seni India, ciri khas dari satu cerita pendek berbeda dengan menurut pengarangnya. 


cerkak bahasa jawa,contoh cerkak bahasa jawa,cerkak bahasa jawa singkat,cerkak bahasa jawa panjang, cerkak bahasa jawa pengalaman pribadi,cerkak bahasa jawa pendek,cerkak bahasa jawa tema sosial,cerkak bahasa jawa singkat lucu,cerkak bahasa jawa tema katresnan,cekrak persahabatan,cerkak bahasa jawa beserta artinya,cerkak bahasa jawa aku durung kalah,cerkak bahasa jawa asem kecut tenan,cerkak bahasa jawa adalah,cerkak bahasa jawa amarga salah paham,cerkak bahasa jawa alur maju,cerkak bahasa jawa asmara,cerkak bahasa jawa alur mundur,cerkak bahasa jawa alur campuran,cerkak bahasa jawa aku,cerkak bahasa jawa brainly,cerkak bahasa jawa beserta sinopsis,cerkak bahasa jawa bermoral,cerkak bahasa jawa banyumasan,cerkak bahasa jawa berdialog,cerkak bahasa jawa beserta sumbernya,
 
cerkak bahasa jawa bertema pendidikan,cerkak bahasa jawa beserta amanatnya,cerkak bahasa jawa cendek,cerkak bahasa jawa cinta,cerkak bahasa jawa contoh,cerkak bahasa jawa candi borobudur,cerkak bahasa jawa cita citaku seluas samudra,cerkak bahasa jawa candi prambanan,cerkak bahasa jawa cinta segitiga,cerkak bahasa jawa cita cita,cerkak bahasa jawa.com,cerkak bahasa jawa direktur anyar,cerkak bahasa jawa dan artinya,cerkak bahasa jawa dongeng,cerkak bahasa jawa dawa,cerkak bahasa jawa dari majalah,cerkak bahasa jawa di koran,cerkak bahasa jawa dan strukturnya,cerkak bahasa jawa dowo,cerkak bahasa jawa dhagelan
cerkak bahasa jawa ekstrakurikuler
 
 
 
 
 
CONTOH CERKAK BAHASA JAWANYA
 




Cerkak Bahasa Jawa "Yati Menik Sri Panggung Kethoprak"
Cerkak Bahasa Jawa "Yati Menik Sri Panggung Kethoprak"
Cerkak Bahasa Jawa dengan Judul Yati Menik Sri Panggung Kethoprak, Cerkak ini pernah dimuat didalam majalah Panjebar Semangat No.35-29 Agustus 2015, Karya dari Ismadi K, ini mengisahkan tentang seorang perempuan yang bernama Yati Menik, Yati Menik yang dulu dikenal sebagai Seniwati Seni Tradhisional di Yogyakarta, dan meninggal dunia. Tokoh Aku dalam cerkak ini yang bekerja sebagai Wartawan salah satu media koran Masa Kini ditugaskan untuk meliput berita kematian Yati Menik yang bernama Asli Suyati, Namun dalam kegiatannya meliput berita kematian Yati Menik, tokoh Aku mengalami kejadian yang luar biasa, bagaimanakah kejadian itu, silahkan disimak cerkak Yati Menik Sri Panggung Kethoprak dibawah ini.

Yati Menik Sri Panggung Kethoprak


Lagi wae mak jlug mudhun saka pit motoring platarane kantor surat kabar Masa Kini papanku makarya, Pak Muhidin, wakil pimpinan redhaksi, ngawe aku.

“Anu, Di, iku krungu kabar lelayu. Bu Yati Menik tinggal donya. Mbok coba mengko kowe meluwa takjiyáh karo sisan gawe beritane”

“Nggih, Pak,” wangsulanku cekak.

Bu Yati Menik mono seniwati seni tradhisional Ing Ngayogyakarta sing umure udakara 70 taun. Nalika isIh moncer biyen kàwentar minangka sripanggung kethoprak. Jeneng asline Suyati, nanging parabane Menik, Mula banjur akrab diundang Yati Menik. Diparabi “Menik” jalaran pawakane lencir, cilik, menik-menik Ian dedege cendhek sethithik. Ing jaman nom-nomane, Bu Menik sing rupanyu, sikepe luwes, gandhes, merak ati kaya Dewi Wara Sembadra iku disenengi dening para pandhemen kethoprak, Kejaba pemain kethoprak, Bu Yati Menik uga kaloka minangka waranggana Ian pambeksa. Baca Selengkapnya .....






Dapatkan Cerkak Bahasa Jawa "Yati Menik Sri Panggung Kethoprak" dengan Format Ms. Word pada link dibawah ini :
loading...

Related Posts

Contoh Cerkak Bahasa Jawa ( Yati Menik Sri Panggung Kethoprak )
4/ 5
Oleh