Contoh Cerkak Bahasa Jawa ( Ningsih Anakku )

Cerkak bahasa Jawa merupakan cerita cekak atau cerita pendek yang disajikan dalam bahasa jawa. Bentuknya berisi sebuah cerita yang memiliki berbagai alur cerita.
Cerkak bahasa jawa biasanya terdapat substansi yang disematkan dalam cerita untuk memberi pengaruh baik kepada pembacanya, misalnya saja budi pekerti, pendidikan, moral, impian, keteladanan, kesehatan, cita-cita, dan lain sebagainya.
Dalam penyampaiannya, cerkak bahasa jawa disajikan dengan berbagai bahasa, seperti cerkak yang menggunakan bahasa jawa ngoko, dan ada juga cerkak yang menggunakan bahasa krama.
Cerkak cenderung kurang kompleks jika dibandingkan dengan novel. Cerkak biasanya menceritakan satu cerita, mempunyai satu plot alur, jumlah tokohnya terbatas, dan waktu cerita cenderung singkat. 
 
 

Pengertian Cerkak

Dalam bentuk-bentuk fiksi yang lebih panjang, cerita cerkak memuat unsur-unsur inti tertentu dari struktur dinamis :
  • Eksposisi yaitu tentang settingnya, situasi, dan tokoh dalam cerita.
  • Komplikasi yaitu kejadian yang ada dalam cerita yang mengenalkan tentang konflik yang dialami tokoh utama.
  • Kejadian yang singkat dan krisis yaitu waktu yang menentukan si tokoh utama dan komitmennya.
  • Klimaks yaitu titik paling atas di dalam terjadinya konflik yang dialami tokoh di dalam kejadian yang paling penting.
  • Penyelesaian yaitu di mana cerita terjadinya konflik mulai terpecahkan.
  • Pesan Moral yaitu biasanya berisi pesan kesan dan pesan moral dari penulis yang berada pada cerita.
Karena pendek, cerita cerkak bisa memuat pola ini ataupun bisa juga tidak. Untuk contohnya, cerita-cerita cerkak modern hanya satu kali mengandung eksposisi. Yang lebih umum yaitu awal yang mendadak, dengan cerita yang bahas di tengah aksi kejadian. Seperti dalam cerita-cerita yang lebih panjang, plot dari cerita cerkak juga mengandung klimaks atau titik balik.
Akan tetapi, akhir dari semua cerita cerkak biasanya mendadak dan bisa mengandung ( bisa jadi iya bisa jadi tidak) pesan moral. Seperti banyak dalam bentuk seni India, ciri khas dari satu cerita pendek berbeda dengan menurut pengarangnya. 


cerkak bahasa jawa,contoh cerkak bahasa jawa,cerkak bahasa jawa singkat,cerkak bahasa jawa panjang, cerkak bahasa jawa pengalaman pribadi,cerkak bahasa jawa pendek,cerkak bahasa jawa tema sosial,cerkak bahasa jawa singkat lucu,cerkak bahasa jawa tema katresnan,cekrak persahabatan,cerkak bahasa jawa beserta artinya,cerkak bahasa jawa aku durung kalah,cerkak bahasa jawa asem kecut tenan,cerkak bahasa jawa adalah,cerkak bahasa jawa amarga salah paham,cerkak bahasa jawa alur maju,cerkak bahasa jawa asmara,cerkak bahasa jawa alur mundur,cerkak bahasa jawa alur campuran,cerkak bahasa jawa aku,cerkak bahasa jawa brainly,cerkak bahasa jawa beserta sinopsis,cerkak bahasa jawa bermoral,cerkak bahasa jawa banyumasan,cerkak bahasa jawa berdialog,cerkak bahasa jawa beserta sumbernya,
 
cerkak bahasa jawa bertema pendidikan,cerkak bahasa jawa beserta amanatnya,cerkak bahasa jawa cendek,cerkak bahasa jawa cinta,cerkak bahasa jawa contoh,cerkak bahasa jawa candi borobudur,cerkak bahasa jawa cita citaku seluas samudra,cerkak bahasa jawa candi prambanan,cerkak bahasa jawa cinta segitiga,cerkak bahasa jawa cita cita,cerkak bahasa jawa.com,cerkak bahasa jawa direktur anyar,cerkak bahasa jawa dan artinya,cerkak bahasa jawa dongeng,cerkak bahasa jawa dawa,cerkak bahasa jawa dari majalah,cerkak bahasa jawa di koran,cerkak bahasa jawa dan strukturnya,cerkak bahasa jawa dowo,cerkak bahasa jawa dhagelan
cerkak bahasa jawa ekstrakurikuler
 
 
 
 
 
CONTOH CERKAK BAHASA JAWANYA
 




Cerkak Bahasa Jawa "Ningsih Anakku"
Cerkak Bahasa Jawa "Ningsih Anakku"
Cerkak Bahasa Jawa dengan Judul Ningsih Anakku karya dari Supardi Purin yang pernah dimuat di majalah Panjebar Semangat. Cerkak bahasa Jawa ini mengisahkan tentang perjalanan hidup yang dialami oleh tokok "aku" atau Hardi. Sebuah perjalanan hidup yang sangat pahit dirasakan oleh tokoh Hardi. Hardi yang bekerja sebagai buruh sudah 3 bulan lamanya tidak pernah mengunjungi istri dan anaknya yang bernama ningsih di desa. Ketika itu Hardi dalam perjalanan pulang menuju desanya, hingga malam pun Hardi baru tiba di desanya, berniat untuk memberi kejutan Hardi langsung menuju ke kamar tidur anaknya Ningsih untuk memberikan boneka yang dipesannya, kemudian menuju ke kamar Istrinya Winarni, namun betapa kagetnya Hardi ketika membuka pintu kamar, Hardi melihat sesosok pria sedang bersama Istrinya....lalu bagaimanakah kisah selengkapnya ? silahkan dibaca ya kisah lengkap dari cerkak bahasa Jawa dengan judul "Ningsih Anakku" dibawah ini

Ningsih Anakku

Wiwit budhal saka Semarang udane prasasat disuntak saka langit. Lakune bis sing daktumpaki rendhet, apa maneh sedhela-sedhela mandheg saperlu ngunggahake penumpang. Maklum, iki bis sing pungkasan. “Mesakake yen wong-wong sing kudanan ing pinggir dalan kuwi ora diangkut,” mbokmenawa mengkono batine sopir.

Beda karo karepku. Aku kepengin enggal-enggal tekan ngomah. Aku wis kangen banget marang Ningsih anakku, Ian mesthi wae uga kangen Winarni. ibune Ningsih. Telung sasi aku durung tilik omah. Wong kaya aku ngene iki gelem ora gelem kudu adoh anak bojo. Nyambut gaweku ana Semarang, kulawarga keri ana desa. Arep dakboyong menyang Semarang durung kuwagang kontrak omah, awit kadidene buruh pabrik blanjaku ora mingsra. Telung sasi iki aku ora mulih merga nggarap lemburan, beteke ngoyak tambahan gaji kanggo sangu Lebaran. Baca Selengkapnya .......






Dapatkan Cerkak Bahasa Jawa Ningsih Anakku dengan format Ms. Word pada link dibawah ini :
Cerkak Bahasa Jawa Ningsih Anakku
loading...

Related Posts

Contoh Cerkak Bahasa Jawa ( Ningsih Anakku )
4/ 5
Oleh