Tangga Nada (Pengertian, Tangga Nada Mayor & Minor, Diatonis & Pentatonis) dan Jenis Tangga Nada

Tangga Nada (Pengertian, Tangga Nada Mayor & Minor, Diatonis & Pentatonis) dan Jenis Tangga Nada-Nada adalah bunyi yang beraturan, dan memiliki frekuensi tunggal tertentu. Dalam teori musik, setiap nada memiliki tinggi nada atau tala tertentu menurut frekuensinya ataupun menurut jarak relatif tinggi nada tersebut terhadap tinggi nada patokan.
Apersepsi selain syair dan nada, sebuah lagu terdiri atas berbagai bagian yang membentuknya. Lagu akan terdengar indah karena berbagai unsur musik yang digabungkan. Adapun, unsur-unsur yang membentuk sebuah lagu salah satunya adalah Tangga Nada. Apakah tanda nada itu? Mau tahu lebih jelasnya silahkan baca artikel tentang Pengertian Tangga Nada (Tangga Nada Mayor & Minor, Diatonis & Pentatonis) Jenis Tangga Nada. Supaya lebih mengerti dan memahami, selamat belajar.

Pengertian Tangga Nada

Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berjenjang. Misalnya, do, re, mi, fa, sol, la, si, do. Dalam seni musik tangga nada dibagi menjadi dua, yaitu tangga nada diatonis dan pentatonis, yang masing-masing memiliki pengertian yaitu:

1.Tangga Nada Diatonis
Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang mempunyai dua jarak tangga nada, yaitu satu dan setengah. Nada-nada pada piano dan organ termasuk sistem diatonis. Tangga nada diatonis ada beberapa macam sebagai berikut.

Baca Juga:

√ Lengkap Cara Memainkan Alat Musik Rebab, Siter dan Saron


a) Tangga Nada Diatonis Mayor
Tangga nada mayor adalah tangga nada diatonis yang susunan nada-nadanya berjarak 1–1–1/2–1–1–1–1/2.
Contoh:
Pengertian Tangga Nada (Tangga Nada Mayor & Minor, Diatonis & Pentatonis) Jenis Tangga Nada
b) Tangga Nada Minor
Tangga nada minor adalah tangga nada diatonis yang susunan nadanadanya berjarak 1–1/2–1–1–1/2–1–1. Tangga nada minor dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu sebagai berikut.

*Tangga Nada Minor Asli Tangga nada minor asli hanya memiliki nada-nada pokok dan belum mendapat nada sisipan. Musik Gregorian merupakan bentuk khas yang menggunakan tangga nada ini. Berikut ini, tangga nada minor asli.

Pengertian Tangga Nada (Tangga Nada Mayor & Minor, Diatonis & Pentatonis) Jenis Tangga Nada
*Tangga Nada Minor HarmonisTangga nada minor harmonis adalah tangga nada minor yang nada ke tujuhnya dinaikkan setengah laras. Dalam tangga nada ini, deretan naik dan turun tetap sama. Berikut ini, tangga nada minor harmonis.
Pengertian Tangga Nada (Tangga Nada Mayor & Minor, Diatonis & Pentatonis) Jenis Tangga Nada
*Tangga Nada Minor Melodis
Tangga nada minor melodis adalah tanga nada minor asli yang nada ke-6 dan ke-7 dinaikkan setengah laras. Pada saat turun, nada ke-6 dan ke-7 tersebut diturunkan ½ laras. Berikut ini, tangga nada minor melodis.
Pengertian Tangga Nada (Tangga Nada Mayor & Minor, Diatonis & Pentatonis) Jenis Tangga Nada
2.Tangga Nada Pentatonis
Tangga Nada Pentatonis adalah jenis tangga nada yang hanya memakai lima nada pokok. Ragam tangga nada pentatonis dibedakan oleh jarak antarnada serta pilihan nada yang didengar. Berdasarkan nadanya, ada tangga nada yang menggunakan pelog dan slendro. Contoh alat musik yang menggunakan tangga nada ini adalah gamelan.

Baca Juga:

√ Lengkap Cara Memainkan Alat Musik Kastanyet

 


EmoticonEmoticon