Artikel Macam-macam Gerakan Dasar Tari Jawa

Macam-macam Gerakan Dasar Tari Jawa -  Gerakan tari merupakan unsur utama dari tari. Dalam menari tentunya kita membutuhkan gerakan-gerakan untuk mengekspresikan tentang maksut dari tarian yang akan kita pertunjukan melalui gerakan.

Dalam menari kita juga harus mengetahui dasar-dasar gerakannya terlebih dahulu, Maka dari itu dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Macam-macam Gerakan Dasar Tari Jawa.

Gerak Dasar Tari Daerah Jawa

Gerak dasar tarian daerah Jawa memiliki keragaman yang berbeda-beda. Keragaman gerak tari daerah Jawa adalah sebagai berikut:
a. Gerak tari daerah Surakarta bersifat dinamis dan komunikatif.
b. Gerak tari daerah Yogyakarta bersifat kaku dan berwibawa.
c. Gerak tari daerah Jawa Timur bersifat lincah dan keras.
Berikut ini akan diuraikan gerak-gerak dasar tari daerah Jawa.

Baca Juga:

√ Lengkap Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat Beserta Gambarnya


a. Ngiting dan Ukel
Ngiting dan ukel adalah gerakan tangan dalam tarian Jawa. Gerakan tangan tersebut berupa putaran tangan pada pergelangan tangan.
b. Seblak
Seblak adalah gerakan tangan yang membuang selendang dari pangkal ikatan selendang sampai merentang lurus di samping badan. Kemudian, arahkan selendang ke arah belakang.
c. Kebyok
Gerak kebyok adalah gerakan tangan dengan menggunakan selendang yang dihentakkan ke pergelangan tangan sehingga selendang menyangkut di pergelangan tangan.
d. Kebyak
Gerak kebyak adalah gerakan tangan dengan menggunakan selendang yang dihentakkan atau dibuang sehingga selendang lepas dan tidak lagi menyangkut di pergelangan tangan. Gerak kebyak dilakukan setelah gerakan kebyok.
e. Ngembat
Gerak ngembat adalah gerakan tangan dengan memegang selendang dengan sikap jari-jari ngiting.
f. Ulap-ulap
Gerak ulap-ulap terdiri atas gerak ulap-ulap kanan dan ulap-ulap kiri.
Macam-macam Gerakan Dasar Tari Jawa
  • Gerak ulap-ulap kanan adalah gerakan tangan kanan menekuk di depan kening (pergelangan tangan menekuk dan jari-jari melenting), sedangkan tangan kiri menekuk di depan pinggang.
  •  Gerak ulap-ulap kiri adalah gerakan tangan kiri yang menekuk di depan kening (pergelangan tangan menekuk dan jari-jari melenting), sedangkan tangan kanan menekuk di depan pinggang.
g. Kenser
Gerak kenser adalah gerakan kaki dengan cara mengingsut (geser dan buka tutup) telapak kaki ke arah kanan dan ke kiri.

Related Posts

Artikel Macam-macam Gerakan Dasar Tari Jawa
4/ 5
Oleh