Pengertian, Macam-macam dan Contoh Seni Rupa Artikel Lengkap

Seni Rupa – Mungkin kebanyakan dari kita telah banyak mendengar tentang istilah Seni Rupa. Tetapi tidak sedikit dari kita yang tidak mengetahui pengertian seni rupa itu sendiri. Jika tahu, mungkin hanya sekedar cabang-cabang dari seni rupa, seperti seni lukis, seni pahat, seni kriya dan masih banyak lagi.
Oleh karena itu, saya mengajak teman-teman semua untuk memahami tentang seni rupa secara keseluruhan. Mulai dari pengertiannya, unsur-unsurnya hingga karya seni yang dihasilkan dari seni rupa itu sendiri atau dari cabang-cabangnya. Langsung saja kita akan segera membahas secara detail tentang seni rupa.

Untuk mengawali pertemuan kita pada kesempatan kali ini, pertama kita akan belajar tentang pengertian seni rupa itu sendiri. Langsung saja, seni rupa merupakan cabang dari seni yang membentuk sebuah kesenian lain. Yang dibuat dalam sebuah media yang bisa dilihat oleh mata dan bisa dirasakan oleh indera peraba.
Seni rupa juga dapat diartikan sebagai salah satu cabang seni yang hasil karyanya bisa dinikmati oleh masyarakat umum. Hasil karya seni atau disebut juga dengan visual art merupakan suatu hal yang dapat dilihat oleh mata dan memiliki bentuk dan wujud yang nyata.

Ditinjau Dari Bentuknya Seni Rupa Dibagi menjadi Dua, Yaitu Seni Rupa 2 Dimensi dan Seni Rupa 3 Dimensi.


seni rupa 2 dimensi
sumber:wp.com
Seni rupa dua dimensi adalah sebuah karya seni yang memiliki dimensi panjang dan lebar saja. Atau juga bisa dikatakan sebuah karya seni yang hanya bisa dilihat dari satu sudut pandang saja. Contoh karya seni rupa dua dimensi adalah seni grafis, seni lukis, seni relief, dan lain-lain.
Sementara seni rupa dimensi tiga dimensi adalah sebuah karya seni yang memiliki dimensi lebar, panjang dan tinggi. Atau sebuah karya seni yang memiliki bentuk menyerupai bangun ruang yang memilki volume. Contoh seni rupa tiga dimensi adalah seni kriya, seni arsitektur, seni patung, seni keramik dan lain sebagainnya.

Ditinjau dari Fungsinya Seni Rupa dibagi menjadi dua bagian, Yaitu Seni Rupa Murni dan Seni Rupa Terapan


seni rupa terapan
smber:blogsport.com
Seni rupa murni ialah salah satu cabang seni rupa yang diciptakan tanpa mempertimbangkan fungsi dan kegunaannya. Tetapi hasil karya yang dihasilkan dari seni rupa murni lebih mengutamakan keindahan dan nilai seni. Biasanya hasil karya seni rupa murni hanya dijadikan sebagai pajangan atau hiasan suatu tempat.
Seni rupa terapan adalah sebuah karya seni yang dapat digunakan dalam menunjang kehidupan sehari-hari. Selain memiliki nilai seni, hasil karya seni rupa terapan juga memiliki nilai fungsi tertentu. Hal tersebut mengakibatkan, pembuatan karya seni ini lebih sulit dari seni murni.
Karena karya seni ini lebih memperhitungkan fungsi dari hasil karyanya dari pada keindahan karyanya. Contoh karya seni rupa terapan yang bisa kita temukan dalam kehipan sehari-hari seperti meja, kursi, pintu dan barang semisalnya. Dan salah satu karya seni terapan yang ditinggalkan nenek moyang kepada kita adah rumah adat, senjata adat dan alat musik tradisional.

Ditinjau Dari Masanya Seni Rupa Dibagi Menjadi Tiga, Yaitu Seni Rupa Tradisional, Modern dan Kontenporer


seni rupa tradisional
sumber:blogsport.com
Seni rupa tradisional adalah sebuah karya seni yang telah ada sejak jaman nenek moyang kita yang dijaga kemurniannya dan secara turun-temurun. Salah satu karya seni tradisional yang ada di Negara Indonesia adalah Ukiran Toraja, Batik Tulis Keraton, Patung Asmat dan masih banyak lagi.
Selain itu hasil karya seni rupa tradisional biasanya tidak akan berubah walaupun telah melewati beberapa masa. Seni tradisional juga memiliki hasil seni yang indah, yang sulit untuk ditiru oleh seniman jaman sekarang.
Karena dalam proses pembentukan seni rupa tradisional harus mengikuti sistem dan keyakinan yang mereka pengang. Dan di negara-negara barat hasil seni ini dianggap sebagai otoritas bangsawan, para raja dan pembesar agama.
Seni rupa modern adalah sebuah seni yang gaya pendekatannya tidak lagi mementingkan subjek dalam suatu masalah . Salah satu penemuan karya seni modern adalah seni fotografi, seni film. Dalam karya seni ini para seniman mencoba mengembangkan metode seni rupa menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Dengan jalan melakukan sebuah experiment atau mengeksplorasi dengan cara melihat suatu objek, melihat alam agar telintas ide dalam benak mereka. Karya seni modern mulai diproduksi dan digunakan masyarakat umum pada akhir abad 19 sampai tahun 1970 an.
Seni rupa kontenporer merupakan sebuah istilah yang digunakan oleh sebagian orang untuk menyebut seni rupa masa kini. Dilihat dari namanya saja kita langsung bisa mengetahui arti dari karya seni ini. Karena kata kontenporer juga bisa diartikan sebagai kondisi saat ini atau kekinian.

Unsur-Unsur Seni Rupa

Seni rupa dibentuk dari beberapa unsur sederhana yang menyatu, sehingga unsur-unsur tersebut bersatu yang akhirnya menjadi sebuah karya seni. Dan unsur-unsur pembentuk seni rupa dalam dunia seni biasa disebut dengan nama unsur seni rupa.
Unsur-unsur yang membentuk seni rupa merupakan elemen yang digunakan oleh seorang seniman. Untuk membentuk atau membuat sebuah karya seni, yang nantinya karya seni itu dapat dinikmati oleh masyarakat umum. Langsung saja pada pembahasan beberapa unsur-unsur pembentuk seni rupa sebagai berikut.

1. Titik


unsur seni rupa- titik
sumber:blogsport.com
Unsur seni rupa yang pertama adalah titik, dan inilah unsur yang paling dasar dalam karya seni ini, yang juga digunakan dalam seni rupa dimensi satu. Selain sebagai unsur yang paling dasar titik juga merupakan unsur yang paling kecil.
Tetapi jangan salah, walaupun termasuk unsur yang paling dasar dan kecil, titik juga dapat menjadi pusat perhatian. Apabila titik tersebut berkumpul antara satu sama lain dan memiliki warna yang berbeda dari warna bidang yang digunakan.
Titik dapat dibuat dengan cara mementukan jarak lebar atau jarak sempit antar titik. Unsur titik dapat berukuran kecil maupun besar dengan variasi warna berdasarkan kebutuhan seniman.

2. Garis


unsur seni rupa- garis
sumber:blogsport.com
Unsur yang kedua adalah garis, garis terbentuk dari sebuah goresan atau lilmit dari suatu benda. Seperti bidang, ruang, tektur warna dan lain sebagainnya. Pada umumnya garis memiliki berbagai macam bentuk. Tetapi bentuk yang paling populer yang itu bentuk  horizontal dan vertical.
Garis terbentuk dari beberapa titik yang bergabung menjadi satu, unsur garis dalam seni rupa juga memiliki variasi dari sifat garisnya. Misalnya garis yang bersifat panjang, pendek melengkung, tebal, tipis, halus, berombak, miring dan lain sebagainya.

3. Bidang


unsur seni rupa- bidang
sumber:blogsport.com
Unsur bidang adalah salah satu unsur perkembangan dari penampilan unsur garis. Unsur bidang adalah perpaduan antara beberapa garis dalam keadaan tertentu. Bidang dalam seni rupa dapat diamati secara visual pada setiap karya seni berdasarkan bentuk karya seni tersebut.
Unsur bidang terbentuk karena adanya pertemuan antara masing-masing ujung garis dalam sebuah bangun datar atau bidang tertentu. Unsur bidang dalam karya seni ini terdiri dari beberapa bentuk. Misalnya bidang geometris, bidang biomorfis, bidang bersudut dan bidang tak beraturan.

4. Bentuk


unsur seni rupa- bentuk
sumber:hidupsimpel.com
Bentuk adalah unsur dalam seni rupa yang dapat disentuh dan dilihat secara langsung. Unsur bentuk dalam karya seni ini juga dapat disebut dengan nama shapes, yang terdiri dari benda polos yang muncul secara kebetulan. Seperti halnya ornamental, bulat, panjang, tidak teratur, persegi dan lain sebagainnya.
Selain shapes, unsur bentuk dalam seni rupa yang lainnya adalah form. Unsur form adalah unsur yang bertolak belakang dengan unsur bentuk shapes. Selain dapat disentuh dan dilihat oleh indera penglihatan. Unsur bentuk form juga memiliki kandungan nilai didalamnya karyanya.

5. Tekstur


unsur seni rupa- tekstur
sumber:blogsport.com
Sama seperti unsur bentuk, unsur tekstur dalam seni rupa juga dapat dilihat dan dirasakan oleh indera peraba. Unsur ini memiliki berbagai macam sifat yang dapat membentuk sebuah karya seni. Mulai yang bersifat halus, kasar, kusam, licin, mengkilap dan lain sebagainya.
Unsur tektur dibagi menjadi dua macam, yang pertama adalah tekstur dimana permukaannya menggambarkan suatu pesan yang sebenarnya. Atau biasa disebut atau dikenal dengan sebutan tekstur nyata.
Yang selanjutnya adalah tekstur yang permukaannya berbeda antara indera pengihatan dengan indera peraba. Tekstur ini memiliki fungsi untuk memberikan makna tertentu pada permukaan yang dapat menciptakan nilai seni yang tinggi. Tekstur ini bisa dikenal atau disebut dengan tekstur semu.

6. Warna


unsur seni rupa-warna
sumber:blogsport.com
Berdasarkan KBBI warna memiliki arti kesan yang ditangkap oleh indera penglihatan, berupa cahaya yang dipantulkan dari suatu benda. Dalam teori fisika juga meyebutkan bahwa warna dapat dilihat dari tujuh spectrum warna.
Sebenarnya semua warna yang ada sekarang ini, tidak dapat dipisahkan dari warna dasar. Apabila warna dasar ini bercampur antara satu sama lain dengan takaran yang berbeda akan menghasilkan warna yang berbeda pula. Warna dasar yang saya maksudkan adalah merah, biru dan kuning, dan semua warna selain warna ini adalah warna turunan.
Teori untuk mempelajari warna dibagi menjadi dua macam, dan salah satunya adalah teori pegmen warna. Yang mengatakan bahwa warna adalah butiran halus yang terkandung dalam warna. S elain itu teori ini juga memberikan istilah-istilah terkait masalah ini antara lain.
  1. Warna Primer: Atau warna dasar, warna yang digunakan untuk menciptakan warna lainnya. Warna primer terdiri dari warna biru, merah dan kuning.
  2. Warna Sekunder: Warna yang dihasilkan dari pencampuran antara warna primer dengan warna primer lainnya. Warna sekunder terdiri dari beberapa warna seperti jingga, hijau dan ungu.
  3. Warna Analogus: Adalah deretan warna yang letaknya berada dalam satu lingkup lingkaran warna. Contoh warna ini seperti warna hijau yang menuju pada warna kuning
  4. Komplementer: Adalah sebuah warna yang kontras dan letaknya berada di luar daerah lingkaran warna. Jenis warna ini merupakan kebalikan dari jenis warna analogus. Contoh jenis warna ini adalah warna merah dengan warna hijau dan warna kuning dengan warna ungu.

7. Gelap Terang


unsur seni rupa- gelap terang
sumber:blogsport.com
Unsur gelap terang dalam karya seni rupa 2 dimensi memiliki fungsi untuk menggambarkan benda agar terlihat seperti hasil karya seni 3 dimensi. Dan juga untuk memberikan kesan ruang atau kedalaman pada sebuah gambar. Teknik gelap terang dibagi menjadi dua bagian yaitu teknik gradasi dan silhouette.

8. Ruang (kedalaman)


unsur seni rupa- ruang atau kedalaman
sumber:carajuki.com
Unsur ruang juga salah satu unsur yang dapat dirasakan langsung oleh para penikmatnya. Dalam seni rupa 3 dimensi, unsur ini memiliki beberapa contoh yang ada dan sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti halnya ruangan dalam rumah, bangun ruang, ruang acara, ruang kamar dan lain-lain.
Lain halnya pada seni rupa dua dimensi, unsur ruang hanya bersifat maya atau semu karena unsur ruang pada karya seni ini dihasilkan oleh efek menggambar. Dari bidang yang pipih, menjoroh, cekung datar, jauh, dekat dan cembung.

Fungsi Seni Rupa

Selain memiliki beberapa unsur dan jenis, ternyata karya seni satu ini juga memiliki fungsi. Entah berupa fungsi yang bisa terlihat atau fungsi yang berada didalam hati seorang yang melihat karya seni ini. Daripada penasaran langsung kita bahas saja fungsi dari seni rupa.

1. Membuat Seniman Merasa Senang

Salah satu fungsi atau manfaat dari karya ini adalah untuk memuaskan hati pembuatnya. Karena setelah seniman bekerja keras dalam waktu yang lama untuk membuat sebuah karya seni. Ketika dia berhasil menyelesaikan karya seninya, bisa dipastikan dia akan merasa sangat senang.
Salah satu faktor yang membuatnya senang adalah perjuangan yang dilakukannya sebelum karya seni tersebut jadi. Apalagi untuk seorang pencinta karya seni, dia tidak akan merasa rugi walaupun uangnya habis untuk membuat atau untuk membeli karya seni. Yang terpenting adalah kesenangan dalam hatinya.

2. Untuk Membuat Senang Orang Lain

Fungsi yang selanjutnya adalah untuk membuat senang hati orang lain senang. Karena ada sebagian orang yang senang saat melihat indahnya karya seni yang kita buat. Apabila orang lain menikmati dan suka dengan karya kita, maka kita juga akan senang melihatnya.
Karena, menurut mereka karya seni yang kita buat sudah bagus dan telah pantas untuk diperjual belikan dengan harga yang mahal. Salah satu cara yang harus ditempuh agar orang lain bisa melihat dan menikmati karya seni kita adalah dengan mengadakan pameran.

3. Sebagai Sarana Melestarikan Budaya Bangsa

Negara Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki berbagai kekayaan, entah dari fisiknya maupun budayanya. Dan salah satu budaya yang dimiliki Indonesia adalah karya seni. Jadi apabila kita termasuk orang yang peduli atau bahkan seorang seniman karya seni, kita bisa dikatakan sebagai orang yang peduli dengan budaya ini.

4. Mengenang Sejarah

Selain untuk melestarikan budaya bangsa Indonesia, karya seni juga memiliki fungsi sebagai sarana mengingat sejarah. Karena disetiap karya seni yang ada ini pasti memiliki sejarah yang panjang. Dan hanya diketahui oleh pakar sejarah, pencinta karya seni atau seorang seniman.
Selain itu karya seni juga digunakan sebagai alat mengingat suatu peristiwa yang terjadi pada masa lalu. Entah peristiwa sedih maupun peristiwa yang senang, yang telah terjadi sebelum kita lahir. Misalnya pedang yang digunakan dalam perang. Ketika seseorang melihat pedang tersebut mereka akan mengingat tentang perang yang salah satu tokohnya menggunakan pedang tersebut.

5. Untuk Ritual Keagamaan

Pada jaman dahulu sebelum Nabi muhammad diutus menjadi rasul, kebanyakan penduduk Mekah menyembah patung. Patung adalah salah satu hasil dari karya seni memahat atau modelis. Pada jaman sekarang ritual seperti yang saya sebutkan diatas masih dilakukan oleh agama budha dan hindu.
Tetapi sebagai seorang muslim, saya mengingatkan bahwa hal semacam itu dilarang oleh Agama Islam. Bahkan hal tersebut merupakan salah satu bentuk kemaksiatan atau pelanggaran kepada Allah. Apabila kita yakin terhadap Agama Islam sudah sepatutnya kita menjahui perkara tersebut, agar kita tetap disayang Allah.

Jenis-jenis seni rupa

Nah, itu dia penjelasan tentang pengertian dan unsur-unsur yang terdapat pada seni rupa. Setelah selesai mengetahui tentang pengertian dan unsur-unsurnya saya mengajak teman-teman semua untuk mengetahui beberapa jenis-jenisnya. Langsung saja jenis seni rupa yang sering kita temui sebagai berikut.

1. Seni Lukis


seni rupa-seni lukis
sumber:liputan6.com
Seni lukis adalah sebuah metode yang digunakan sebagian orang untuk mengembangkan bakat mereka dalam menggambar. Melukis sendiri memiliki sebuah arti, yaitu sebuah kegiatan yang dilakukan seseorang untuk menumpahkan isi hatinya kedalam bentuk gambar. Yang digambarkan pada sebuah bidang untuk menyampaikan pesan pelukis terhadap pihak tertentu.
Media yang digunakan pelukis dapat berbentuk apa saja, misalnya kanvas, kertas atau sebuah papan. Alat yang digunakan pelukis untuk membuat lukisannya juga beragam, tergantung metode dan kehendak dari masing-masing pelukis.
  • Teknik seni lukis
  • Teknik Aquarel
  • Teknik Plakat
  • Teknik Spray
  • Teknik Pointilis
  • Teknik Tempera
  • Teknik Basah
  • Teknik Kering
  • Teknik Campuran
  • Aliran seni lukis
  • Naturalisme
  • Realisme
  • Romantisme
  • Ekspresionisme
  • Impresionisme
  • Kubisme
  • Fauvisme
  • Dadaisme
  • Futurisme
  • Surealisme
  • Konstruktivisme
  • Post Modern
  • Pop Art
  • Abstraksionisme
  • Neo-Klasik

2.  Seni Grafis


cabang seni rupa-seni grafis
sumber:duniaq.com
Seni grafis merupakan karya seni yang proses pembuatannya menggunakan teknik cetak, biasanya dilakukan diatas kertas. Seniman grafis memakai beberapa media untuk membuat karya seni grafis. Mulai dari bahan tradisional hingga bahan komtenporer, termasuk tinta, cat air, pastelminyak dan lain-lain.
Karya seni grafis dibuat diatas permukaan yang biasa disebut dengan plat. Akan tetapi metode yang populer dan paling banyak digunakan adalah metode digital. Selain kedua teknik diatas ada satu teknik yang bisa digunakan untuk membuat hasil karya yaitu dengan teknik yang bernama cetak saring.

3. Seni Patung


cabang seni rupa
sumber:pixabay.com
Seni patung adalah salah satu karya seni yang menghasilkan sebuah karya yang berbentuk tiga dimensi. Kesenian ini dibuat dengan cara memahat, modeling tanah liat atau bahan kerasa lainnya. Seiring dengan berkembangnya kesenian ini, membuat karya seni patung semakin beranekaragam.
Baik dalam bentuk karya seni patung, atau dalam cara yang digunakan oleh pemahat dalam membuat patung tersebut. Di Benua Asia sendiri, akan kita temukan wilayah-wilayah yang membuat karya seni ini. Hal tersebut dipengeruhi oleh perkembangan Agama Hindu dan Budha di Benua Asia.
Pada jaman sekarang ini seni patung kontenporer mulai berkembang pesat diseluruh dunia. Bahkan seni patung bisa dijadikan semacam pertunjukan dibeberapa wilayah di dunia. Seperti Tiongkok, Jepang, Rusia, Kanada, Swedia, yang diadakan secara berkala.
Untuk Negara Indonesia sendiri, seni patung hanya digunakan oleh sebagian kecil manusia. Pada umumnya masyarakat Indonesia memanfaatkan karya seni ini berdasarkan fungsinya saja. Sebagai contohnya adalah di Bali masyarakat hindu menggunakannya untuk bersembahyang, menurut keyakinannya.
Selain digunakan sebagai sarana sembahyang penganut agama hindu, patung juga digunakan untuk mengabadikan jasa pahlawan. Dengan tujuan menghormati dan mengenang jasa yang telah mereka berikan kepada Negara Indonesia.

4. Seni Pertunjukkan


cabang seni rupa
sumber:tmpo.co
Seni pertunjukkan adalah sebuah seni yang melibatkan peran suatu individu atau sebuah kelompok ditempat dan waktu yang ditentukan. Dalam penampilan seni pertunjukkan sendiri biasanya melibatkan empat unsur. Yaitu unsur waktu, ruang, fisik tokoh dan hubungan tokoh dengan para penonton yang hadir.
Seni pertunjukkan juga memiliki berbagai jenis yang sering kita temui dalam kehidupan kita. Seperti seni teater, seni tari, seni musik, sirkus, seni sulap dan lain sebagainya. Pokoknya semua hal yang melibatkan empat unsur diatas masih dapat disebut dengan seni pertunjukkan.

5. Seni Keramik


cabang seni rupa
sumber:blogsport.com
Seni keramik merupakan salah satu cabang seni yang cara kerjanya adalah mengubah keramik menjadi karya seni tertentu. Karya seni yang dihasilkan oleh seniman dapat bersifat tradisional hingga modern. Selain itu seni keramik juga dibedakan dari prinsip fungsionalitas dan dari metode produksinya.

Contoh Karya Seni Rupa


contoh seni rupa
sumber:cara.pro
contoh seni rupa
sumber:suherlin.com
contoh seni rupa
sumber:wordpress.com
contoh seni rupa
sumber:carajuki.com
contoh seni rupa
sumber:satujam.com
contoh seni rupa
sumber:blogsport.com
contoh seni rupa
sumber:wordpress.com
contoh seni rupa
sumber:blogsport.com
contoh seni rupa
sumber:carapro.com
contoh seni rupa
sumber:indoturs.com




EmoticonEmoticon