Lengkap Cara Membuat Anyaman dan Benda Pakai Dari Anyaman

Cara Membuat Anyaman

Anyaman dapat dibuat dari bahan alam seperti daun pandan, daun lontar, janur, bambu, dan rotan. Bahan buatan yang dapat dianyam yaitu kertas, kulit sintetis, kain, pita jepang, dan mika.
Ada bermacam-macam motif anyaman seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:
Di antara motif-motif anyaman di atas, motif mana kira-kira yang kamu sukai? Kamu mungkin lebih suka membuat kreasi motif sendiri. Jika demikian, tidak masalah, sebab hal itu lebih baik. Itu berarti kamu seorang yang kreatif.

Siapkan alat dan bahan seperti kertas warna-warni, lem, gunting, cutter, penggaris, dan pensil.
1. Siapkan kertas yang berbeda warna. Satu kertas sebagai lungsin dan lainnya sebagai pakan. Buatlah lungsin dengan jarak teratur.
 
 
Perhatikan gambar berikut ini:
                                                         Cara Membuat Anyaman dan Benda Pakai Dari Anyaman
                                                     Cara Membuat Anyaman dan Benda Pakai Dari Anyaman
2. Masukkan pakan ke dalam lungsin secara berselang-seling. Kemudian, lanjutkan memasukkan pakan berikutnya dari celah lungsin yang berbeda sampai selesai.
Cara Membuat Anyaman dan Benda Pakai Dari Anyaman

Membuat Benda Pakai dari Anyaman

Semua jenis benda yang dikenakan di tubuh atau dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidup seperti makan, minum, atau beribadah disebut benda pakai. Ada bermacam-macam benda pakai yang dibuat dari anyaman, misalnya tudung saji, nyiru, topi, kipas, kap lampu, dan tas.
Ada benda pakai dari anyaman kertas yang sederhana dan kamu pun dapat membuatnya. Benda anyaman tersebut misalnya hiasan dinding, bingkai foto, dan tempat pensil. 
 
Cara Membuat Anyaman dan Benda Pakai Dari Anyaman


EmoticonEmoticon