Pengertian Talempong Alat Musik Tradisional Asal Minangkabau

Pengertian Talempong Alat Musik Tradisional Asal Minangkabau
seseorang memainkan talempong
photo:wikipedia
Pengertian talempong alat musik tradisional asal masyarakat Minangkabau. Talempong merupakan alat musik tradisional jenis pukul khas dari suku Minangkabau. Bentuknya tidak beda jauh atau hampir sama dengan instrumen bonang yang berada dalam perangkat gamelan. Talempong ada yang terbuat dari kuningan, tembaga, kayu dan batu. Namun talempong jenis kuningan yang paling banyak digunakan.

Terdapat dua genre musik permainan talempong yaitu Talempong duduak dan talempong pacik yang tumbuh dan berkembang hingga kini. Pengistilahan ini bertujuan untuk memberdakan kedua genre alat musik tersebut. Meskipun pada kenyataannya kedua alat musik ini sering juga disebut dengan istilah talempong atau calempong saja oleh masyarakat pendukungnya. Dalam permainannya disebut batalempong atau bacalempong.

Baca Juga:

√ Artikel Tari Kinyah Uut Danum Tarian Tradisional Dari Kalimantan Barat



Bentuk

Bentuk alat musik Talempong berupa lingkaran dengan memiliki diameter 15 sampai 17,5 cm. Bagian bawahnya berlubang dan bagian atasnya terdapat bundaran yang menonjol berdiameter 5cm sebagai tempat untuk dipukul ketika talempong dimainkan. Talempong memiliki nada yang berbeda-beda yang dihasilkan dari sepasang kayu yang dipukulkan pada permukaannya.



Talempong dibuat dengan cara dipatri oleh padai besi hingga terbentuk sedemikian rupa, menyerupai gong dengan bentuk yang kecil.

Fungsi

Talempong biasanya digunakan dalam acara tarian pertunjukan atau penyambutan, seperti :
  1. Tari Piring yang khas
  2. Tari Pasambahan
  3. Tari Galombang
  4. Menyambut tamu istimewa.

Talempong ini memainkanya butuh kejelian dimulai dengan tangga nada do dan diakhiri dengan si. Talempong biasanya dibawakan dengan iringan akordeon, instrumen musik sejenis organ yang didorong dan ditarik dengan kedua tangan pemainnya. Selain akordeon, instrumen seperti saluang, gandang, sarunai dan instrumen tradisional Minang lainnya juga umum dimainkan bersama Talempong. Ada juga beberapa jenis alat musik tradisional suku minangkabau lainnya pupuik daun padi, pupuik tanduak kabau, bansi, rabab pasisia jo pariaman.

Di Malaysia, Talempong dikenali dengan nama Caklempong.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian dari alat musik talempong asal masyarakat Minangkabau.

Sumber referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Talempong diakses tanggal 30 november 2014

http://kebudayaanindonesia.net/kebudayaan/821/talempong-pacik diakses tanggal 30 november 2014