√ Lengkap Cara Memainkan Alat Musik Talempong

Cara memainkan alat musik talempong

Alat musik seperti talempong ini digunakan (dimainkan) dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul yaitu berupa kayu kecil biasa di sebut juga dengan stik.
  • Teknik tradisional (interlocking) yaitu dimana seperangkat talempong dimainkan oleh tiga pemain. Masing-masing pemain juga memainkan dua buah talempong yang di pegang dengan tangan kiri yang secara vertikal, atas dan bawah. Kemudian, yang atas di jepit dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk, sedangkan yang bawah digantungkan pada jari tengah.
  • Teknik modern, bahwa talempong diletakkan di atas rel atau bisa di sebut racakan. Talempong tersebut dipukul dengan stik pemukul di atas rancakan yang tersedia.

Baca Juga:

√ Lengkap Cara Memainkan Alat Musik Marakas


 

Alat musik talempong sering kali digunakan untuk  pelengkap dalam berbagai upacara adat Minangkabau seperti berikut ini:
  1. Upacara pengangkatan penghulu,
  2. Upacara perkawinan,
  3. Menaiki rumah baru
Talempong biasanya digunakan untuk acara tarian pertunjukan atau penyambutan, seperti:
  1. Tari piring yang khas,
  2. Tari pasambahan,
  3. Tari galombang,
  4. Menyambut tamu istimewa.

1. Bentuk Alat Musik Talempong

Alat musik Talempong ini berupa lingkaran yang memiliki diameter 15 sampai 17,5cm kurang lebih nya . Bagian bawahnya berlubang dan bagian atasnya terdapat bundaran yang menonjol berdiameter 5cm sebagai tempat untuk di pukul ketika talempong dimainkan.

2. Pengertian Alat Musik Talempong

Gambar bagaimana cara memainkan alat musik talempong
Taleompong adalah sebuah jenis alat musik tadisional yang dipukul dari Suku Minangkabau. Bentuknya hampir mirip dengan instrumen bonang yang dalamnya terdapat  perangkat alat musik gamelan. Talempong dapat terbuat dari kuningan, namun ada pula yang terbuat dari bahan kayu dan juga batu.
Saat ini talempong dari jenis kuningan lebih banyak digunakan. Talempong biasanya di gunakan untuk mengiringi tarian yang berfungsi sebagai sebuah apresiasi pertunjukan atau penyambutan, seperti
  • Tari Piring yang mempunyai ciri khas,
  • Tari pasambahan, dan
  • Tari gelombang.
Talempong juga bisa digunakan untuk melantukan musik untuk menyambut tamu istimewa. Talempong bisa juga di bawakan dengan iringan musik akordeon, instrumen musik yang satu jenis dengan organ yang diiringi dan juga di tarik oleh kedua tangan pemainnya sendiri.
Berbagai jenis instrumen akordeon, instrumen  jenis saluang, serunai dan instrumen jenis tradisional minang lainnya juga dapat ditampilkan umum dengan bersama Talempong.

Baca Juga:

√ Cara Memainkan Alat Musik Gitar Lengkap


3. Penggunaan Alat Musik Tradisional Talempong

Talempong adalah jenis alat musik pukul tradisional khas suku Minangkabau. Jenisnyapun hampir kembar dengan instrumen bonang dalam perangkat alat musik Gamelan.Talempong juga bisa ditampilkan untuk mengiringi tarian di dalam pertunjukan maupun penyambutan, seperti Tari piring yang mempunyai khas dan Taro Gelombang.


EmoticonEmoticon