√ Lengkap Cara Memainkan Alat Musik Bonang Yang Baik

Jika dilihat dari ukurannya, Bonang barung memiliki ukuran yang relatif sedang dan memiliki nada oktaf tengah hingga oktaf yang cukup tinggi. Bonang jenis ini cukup diperhatikan dalam permainan instrumen Gamelan, terlebih jika yang memainkannya masih muda.

Cara Memainkan Alat Musik Bonang

Bisa dibilang untuk membunyikan sebuah Bonang sama hal-nya seperti cara memainkan alat musik gong, yaitu dengan cara dipukul pada bagian yang menonjol. Bentuk dari Bonang juga seperti gong berukuran mini, namun diletakkan secara vertikal. Adapaun bagian-bagian dari alat musik Bonang, seperti:
  • Soko, bagian yang memiliki peran sebagai penyangga waditra
  • Benang tali, yang berfungsi sebagai tali penyangga penclon
  • Papalayu, bagian depan dan belakang dari waditra
  • Pongpok, Ujung pangkal dari ancak
  • Palipid, bilahan kayu yang terdapat di atas pongpok dan juga penghalang penclon
Untuk memainkan alat musik Bonang seorang pemain memerlukan sebuah alat pemukul yang terbuat dari kayu, kayu tersebut pada bagian ujungnya dibungkus menggunakan kain yang kemudian berbentuk bulat dan untuk menguatkan tali tersebut, diikatkan tali.
Pemain diharuskan menggunakan kedua tangan untuk memegang alat pemukul tersebut kemudian menabuh bonang secara bergantian sesuai teknik yang telah dipelajari. Bagian yang dipukul pada bonang adalah bagian tengah penclon Bonang.

Baca Juga:

√ Artikel Tari Gantar Kalimantan Timur


1. Fungsi Bonang

Jika dimainkan dalam sebuah ansambel musik, Bonang biasanya berfungsi sebagai pembawa melodi pokok yang sejatinya merupakan induk dari semua alat musik yang ada. Intro lagu Degung-pun juga diawali menggunakan alat musik ini.

2. Pembuatan Bonang

Ada 2 bagian yang dapat kita lihat dari alat musik Bonang, yaitu Penclong dan Ancak dari Bonang itu sendiri yang memang penting untuk diperhatikan.

Penclon Bonang

Bagian inilah yang menjadi sumber bunyi, penclon terbuat dari bahan logam besi atau bisa juga perunggu. Bonang yang baik terbuat dari perunggu.

Baca Juga:

√ Artikel Tari Hudoq Kalimantan Timur


Ancak Bonang

Bagian ini terbuat dari bahan kayu disertai benang-benang. Ancak dibuat sebaik mungkin sehingga penclon-penclon Bonang dapat diletakkan dengan baik.


EmoticonEmoticon