√ 5 Wisata Belanja di Sukabumi Jawa Barat

Kerajinan Tanduk Sukabumi
Tak hanya memiliki potensi kekayaan alam yang melimpah, industri kerajinan di Kabupaten Sukabumi ternyata juga menunjukan perkembangan yang cukup pesat. Menjadikan Palabuhan Ratu sebagai ibukotanya, Kabupaten ini memiliki aneka macam produk kerajinan yang memiliki nilai jual cukup tinggi di pasaran.

Sentra Kerajinan Batik Sukabumi
Batik Sukabumi
Batik Sukabumi memiliki corak dan warna yang khas. Corak batik khas Sukabumi yang cantik dipadupadankan dengan warna-warna cerah dan ceria, hingga selalu diburu pembeli, baik oleh warga Sukabumi sendiri maupun luar kota bahkan sampai ke luar negeri.
Sentra kerajinan Batik terletak di Kota Sukabumi, sebagai berikut:
a. Rumah Batik Lokatmala di Jalan Sriwidari No.95 Kota Sukabumi
b. Rumah Batik Sukabumi di Jalan R.A Kosasih No.66 Kota Sukabumi
c. Rumah Batik Kenari di Jalan Kenari 2 No 4 Kota Sukabumi

Baca Juga:

√ Cerita Rakyat | Asal Mula Danau Losung (Sumatera Utara)



Sentra Kerajinan Kayu
Sentra kerajinan kayu terletak di Di Kampung Cibatu, Dusun Caringin, Desa Neglasari, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, ada seorang pengrajin yang berhasil mengolah kayu menjadi aneka macam barang antik. Dibantu oleh 20 orang karyawannya, Sukarta Atmaja yang berusia 55 tahun tersebut berhasil menyulap limbah kayu menjadi barang-barang antik dengan nilai jual yang cukup tinggi. Sebut saja seperti nampan, tempat pisau, tempat gelas, rak buku, meja belajar, meja telepon, papan catur, dan lain sebagainya.

Sentra Kerajinan Tanduk

Sentra kerajinan tanduk terletak di Kampung Inggris, Desa Sukaraja, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi. Kerajinan ini sangat unik sebab terbuat dari tanduk kerbau yang bisa di ukir sehingga menghasilkan bentuk yang menarik mulai dari bentuk ikan, burung, penggaruk, sendok, garpu, sisir, gantungan kunci dan lain-lain, bahkan pemasarannya pun sudah menembus pasar Jerman. Negara ini memesan kerajinan tanduk untuk dijadikan bingkai kacamata Rodenstock. Negara lainpun yang memesan dan berminat pada kerajinan ini seperti Australia, Jepang dan Korea

Sentra Kerajinan Bambu
Kerajinan bambu juga bisa anda dapatkan di kota sukabumi. dengan harga terjangkau jadikan kerajinan bambu ini sebagai souvenir yang unik. dengan harga dan bentuk yang indah dan menarik seperti tas, tutup meja makan, kursi, kapal laut, lampu dll pasti akan menambah indah pemandangan di rumah anda, banyak juga turis asing yang datang menyukai dan membeli kerajinan bambu ini.
Sentra kerajinan Bambu yang ada di Sukabumi, antara lain:
  1. Topi Anyaman terletak di Kampung Cidadap, Desa Muara II, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi
  2. Kerajinan Boboko terletak di Kampung Puncakmanis, Desa Sukamanis, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi
  3. Kerajinan keranjang dodol terletak di Kampung Cisela, Desa Citamiang Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi

Baca Juga:

√ Cerita Rakyat | Putri Ular (Sumatera Utara)



 
Sentra Kerajinan Batu Alam

Sentra ini terletak di Kawasan Sagaranten atau Kampung Gardu, Desa Datarnangka, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi, berjarak sekitar 53 km dari pusat Kota Sukabumi, Jawa Barat.


Sejak dulu, kawasan Sagaranten, Sukabumi, dikenal sebagai penghasil batu alam. Tak heran, beberapa bulan belakangan, pengrajin sukses mengekspor akik ke Eropa dan Amerika Serikat.