√ Wayang Thengul Kesenian Tradisional dari Bojonegoro, Jawa Timur

Wayang Thengul adalah kesenan wayang tradisional yang khas dari Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Wayang yang digunakan pada Wayang Thengul ini terbuat dari kayu berbentuk tiga dimensi sehingga hampir mirip dengan Wayang golek,namun yang membedakan adalah bentuk karakter dan cerita yang dibawakannya. Wayang Thengul ini merupakan salah satu warisan tradisi yang sangat terkenal di Bojonegoro dan menjadi salah satu icon kota disana.

Sejarah dari Wayang Thengul ini masih terbilang samar – samar. Namun dari sumber sejarah yang ada, Wayang Thengul ini diciptakan oleh Sumijan sekitar tahun 1930an. Pada awalnya Wayang Thengul ini digunakan untuk mengamen dari satu desa ke desa lain. Seiring dengan perkembangannya Wayang Thengul ini mulai dikenal oleh masyarakat dan mulai berkembang menjadi hiburan untuk masyarakat dengan sering ditampilkan di berbagai acara seperti hajatan, nikahan dan bersih desa.
 
 

Wayang Thengul ini hampir mirip dengan Wayang golek yang ada di Indonesia. Namun perbedaan yang jelas terlihat adalah pada cerita yang diangkat dan karakter tokoh yang ditampilkan. Apabila pada wayang golek lebih banyak yang mengangkat cerita Carangan atau cerita Wayang purwa seperti Mahabarata dan Ramayana, namun berbeda dengan Wayang Thengul yang banyak mengangkat cerita rakyat seperti cerita Wayang gedhog (cerita kerajaan majapahit) dan Wayang menak (cerita panji serta cerita para wali). Selain itu ada juga yang menceritakan cerita Serat Damarwulan

Untuk bentuk karakter wayang biasanya disesuaikan dengan cerita yang diangkat dan setiap tokoh memiliki ciri khas atau karakter tersendiri. Selain bentuk karakter tokoh, suara setiap tokoh pun berbeda – beda. Sama dengan wayang lainnya, kemampuan Dalang dalam memainkan cerita dan suara wayang merupakan unsur terpenting dalam suatu pertunjukan wayang. Karena pada umumnya dari situlah ukuran kualitas dan kemampuan dalang. Dalam pertunjukannya, Wayang Thengul ini juga diiringi oleh Sinden dan iringan music gamelan jawa dengan laras slendro yang menjadi ciri khas gamelan Jawa Timur.
 
 
Dalam perkembangannya, popularitas Wayang Thengul mulai menurun popularitasnya. Namun di Bojonegoro, Wayang Thengul ini masih dilestarikan keberadaannya oleh para Dalang yang masih ada. Wayang Thengul ini juga masih sering di tampilkan pada acara seperti ruwat, hajatan, nadzar dan lain – lainnya. Namun usaha tersebut tentu masih dianggap kurang, perhatian pemerintah dan masyarakat sangat dibutuhkan untuk menjaga dan melestarikan kesenian tradisional satu ini.
 
 Searches related to Wayang Thengul

  • asal usul wayang thengul
  • perbedaan wayang golek dan wayang thengul
  • tari thengul
  • budaya yang ada di bojonegoro
  • sejarah thengul
  • kesenian khas bojonegoro
  • wayang menak
  • wayang klitik