√ Sate Ayam / Kambing Madura Makanan Tradisional Dari Madura, Jawa Timur

Sate Ayam Madura adalah makanan jenis sate yang terbuat dari bahan dasar daging ayam dan diolah dengan racikan bumbu yang khas dari Madura, Jawa Timur. Sate Ayam Madura merupakan salah satu makanan tradisional yang sangat terkenal di Indonesia. Hampir semua daerah di Indonesia terdapat penjual makanan ini.

Keistimewaan Sate Ayam Madura

Sate Ayam Madura ini bila dilihat hampir sama dengan sate ayam di Indonesia pada umumnya, namun yang menjadi keistimewaan dari Sate Ayam Madura ini adalah rasa bumbu kacangnya yang sangat khas. Selain itu daging satenya juga terasa sangat empuk dan memiliki aroma yang sedap dan menggugah selera.
 
 

Pengolahan Dan Penyajian Sate Ayam Madura

Pengolahan Sate Ayam Madura ini hampir sama dengan sate pada umumnya, pertama daging ayam dipotong kecil sesuai dengan ukuran dan ditusuk dengan tusuk sate. Sedangkan untuk bumbu kacang pada Sate Ayam Madura ini terbuat dari kacang goreng yang ditumbuk hingga halus dan diolah dengan bumbu khusus.

Pada proses pembakarannya, daging yang sudah ditusuk tadi dicelupkan kedalam bumbu kemudian dipanggang arang batok kelapa. Pada saat pemanggangan sering kali sate tersebut diolesi dengan minyak ayam untuk memperkuat aroma. Selain itu ada juga yang menaburi arang dengan perasan jeruk limau agar sate tidak terlalu bau asap.

Dalam penyajiannya Sate Ayam Madura ini biasanya disajikan bersama dengan bumbu kacang, kecap, potongan lontong, irisan jeruk nipis dan acar. Selain itu bagi yang suka rasa pedas biasanya penjual juga menyediakan sambal khusus untuk menikmati Sate Ayam Madura ini.

Cita Rasa Sate Ayam Madura

Sate Ayam Madura ini memiliki cita rasa yang sangat khas. Salah satu yang membuat sate ayam ini terasa nikmat adalah bumbu kacangnya. Bumbu kacang pada Sate Ayam Madura ini biasanya menggunakan kemiri sebagai bumbu tambahannya, sehingga memberikan cita rasa yang khas. Selain itu daging satenya terasa empuk dan memiliki aroma yang sangat khas sehingga menambah kenikmatan pada makanan satu ini.
 
 

Tempat Kuliner Sate Ayam Madura

Sate Ayam Madura ini merupakan makanan tradisional yang sangat terkenal di Indonesia. Hampir semua daerah, khususnya kota-kota besar di Indonesia terdapat penjual makanan satu ini. Sehingga kita tidak perlu pergi jauh ke Madura untuk menikmatinya. Untuk rasa, biasanya tidak jauh berbeda bila penjualnya orang Madura asli. Sate Ayam Madura ini biasanya dijajakan dengan cara berkeliling maupun di warung pinggir jalan.
 
 Searches related to Sate Ayam / Kambing Madura

  • resep membuat bumbu kacang sate kambing
  • resep sate kambing bumbu kecap
  • resep sate kambing madura bumbu kecap
  • cara membuat sate kambing dan bumbu nya
  • bumbu sate kambing madura asli
  • resep sate kambing istimewa
  • resep sate kambing solo
  • bumbu sate kambing sebelum dibakar