√ Penjelasan Tari Sepen Tarian Tradisional Dari Bangka Belitung

Tari Sepen adalah tarian tradisional masyarakat kepulauan Belitung yang di dalamnya terdapat unsur gerakan pencak silat. Tarian ini merupakan tari tradisional dari daerah Bangka Belitung yang sangat kental akan budaya melayu, baik dari segi kostum, pengiring dan beberapa gerakan di dalamnya. Tari Sepen ini biasanya ditampilkan sebagai tarian selamat datang pada acara penyambutan tamu besar yang datang kesana.

Gerakan Tari Sepen

Gerakan pada Tari Sepen ini lebih mengutamakan kelincahan pada gerakan tangan dan kaki. Setiap gerakan pada tarian ini tentu mempunyai makna tersendiri di dalamnya. Tarian ini didominasi oleh gerakan tepuk tangan yang diselaraskan oleh alunan musik pengiring. Selain itu formasi penari yang sering berpindah-pindah namun tetap terlihat rapi sehingga menghasilkan gerakan yang indah.
 
 

Pertunjukan Tari Sepen

Dalam pertunjukan Tari Sepen biasanya dimainkan oleh beberapa penari wanita secara berpasang-pasang. Namun ada juga yang menampilkan penari pria yang berpasangan dengan wanita. Walaupun begitu, gerakan yang ditampilkan tetap sama, yaitu gerakan yang dilakukan secara lincah dan dinamis sesuai dengan alunan musik pengiring. Dalam setiap pertunjukan biasanya ada beberapa variasi gerakan yang ditampilkan para penari. Hal ini sering dilakukan untuk mengurangi gerakan yang diulang-ulang agar terlihat menarik dan tidak monotone, namun tidak menghilangkan gerakan aslinya.

Pengiring Tari Sepen

Dalam pertunjukan Tari Sepen ini diiringi oleh iringan musik dan lagu-lagu yang sangat kental akan alunan musik tradisional melayu. Alat musik pengiring Tari Sepen ini biasanya terdiri dari gendang, rebana, biola, akordeon dan lain-lain. Untuk lagu pengiringnya merupakan lagu khas masyarakat melayu Belitung.

Kostum Tari Sepen

Kostum yang digunakan penari pada pertunjukan Tari Sepen ini juga identik dengan busana khas melayu. Penari wanita biasanya menggunakan busana seperti baju lengan panjang, celana panjang dan kain yang menutupi pinggang. Selain itu pada bagian kepala ada yang menggunakan kerudung, ada juga yang tidak menggunakan. Kostum penari ini biasnya didominasi oleh warna-warna cerah yang menggambarkan kegembiraan.
 
 

Perkembangan Tari Sepen

Dalam perkembangannya, Tari Sepen ini menjadi salah satu tarian tradisional yang cukup terkenal di masyarakat Bangka Belitung, khususnya daerah kepulauan Belitung yang menjadi tempat asalnya. Tarian ini sering ditampilkan dalam festival budaya maupun penyambutan tamu besar dan para rombongan wisatawan yang datang kesana. Selain sebagai tarian hiburan, juga untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas akan kekayaan seni dan budaya yang ada di daerah Bangka Belitung.
 
 Searches related to Tari Sepen

  • sejarah tari sepen
  • tari beripat
  • download lagu tari sepen belitung
  • tari beripat bangka belitung
  • gerakan tari sepen
  • fungsi tari sepen
  • tarian yang berasal dari bangka belitung
  • pakaian daerah bangka belitung