√ Penjelasan Musik Patrol Kesenian Tradisional Dari Jawa Timur

Musik Patrol adalah kesenian musik tradisional yang menggunakan alat musik sederhana yaitu kentongan. Kentongan yang digunakan bermacam - macam dengan berbagai ukuran dan dibunyikan secara teratur sehingga menghasilkan suara yang indah dan enak untuk didengar. Musik Patrol ini merupakan salah satu kesenian rakyat yang sangat terkenal dan tersebar di berbagai tempat di Jawa Timur.

Sejarah Musik Patrol

Sejarah tentang asal usul Musik Patrol ini masih belum pasti. Namun beberapa sumber sejarah yang berkembang di masyarakat, Musik Patrol ini berawal dari kentongan yang digunakan oleh masyarakat pada jaman dahulu untuk ronda dan membangunkan warga apa bila terjadi bahaya seperti pencurian maupun bencana alam. Setelah berkembangnya Agama Islam di Jawa Timur, kentongan ini kemudian digunakan pada saat bulan Ramadhan untuk membangunkan warga untuk Sahur
 
 

Karena suaranya yang monotone kemudian mereka membuat kentongan dengan berbagai ukuran sehingga menghasilkan suara yang berbeda. Dari situlah, dengan berbagai kreasi mereka membuat memadukan suara yang berbeda tersebut menjadi suara yang indah dan enak untuk didengar. kesenian tersebut kemudian menjadi tradisi dan menyebar ke berbagai daerah di Jawa Timur.

Pertunjukan Musik Patrol

Dalam pertunjukan Musik Patrol, biasanya dimainkan secara berkelompok dengan kentongan yang berbeda – beda ukurannya. Setiap kentongan ini memiliki suara yang berbeda dan setiap kentongan hanya memiliki satu suara saja, sehingga penataan suara sangat diperlukan dalam Musik Patrol ini. alat musik kentongan yang digunakan biasanya terbuat dari bambu dan kayu. Untuk kentongan yang terbuat dari bambu biasanya memiliki ukuran dan suara yang lebih kecil, namun terdengar nyaring. Sedangakan kentongan yang terbuat dari kayu memiliki ukuran dan suara yang besar. Kentongan jenis bambu dan kayu ini dibagi lagi menjadi beberapa kentongan dengan ukuran yang berbeda, sehingga lebih kaya akan suara.

Dalam pertunjukan Musik Patrol ini semua jenis kentongan dikolaborasikan menjadi satu sajian suara yang indah dan enak untuk didengar. Dalam setiap pertunjukan biasanya mereka membawakan beberapa lagu yang dikemas dengan gaya khas Musik Patrol. Lagu yang dibawakan biasanya adalah lagu daerah, lagu dolanan dan bahkan juga ada yang membawakan lagu modern seperti dangdut atau campursari. Semua lagu yang ditampilkan tersebut dikemas dalam gaya Musik Patrol.

Setiap grup Musik Patrol biasanya memiliki kreasi tersendiri, baik dalam segi alat musik, penggarapan musik, kostum dan penampilannya dalam pertunjukan. Pada segi alat musik ada juga yang menambahkan beberapa alat musik lain seperti jidor, ketipung, drum plastic, angklung dan lain – lain. Hal ini dilakukan sebagai kreasi agar lebih kaya akan suara dan berbeda dengan grup lainnya. Untuk segi kostum setiap grup juga memiliki kreasi tersendiri. Kostum yang digunakan ada yang menggunakan busana daerah, busana tradisional, dan bahkan ada juga yang menggunakan kostum kreasi sendiri. Hal itu dilakukan agar terlihat unik dan menarik.
 
 

Perekambangan Musik Patrol

Dalam perkembangannya, Musik Patrol ini masih tetap dilestarikan dan masih hidup hingga sekarang. Di beberapa daerah di Jawa Timur, banyak terdapat grup – grup Musik Patrol yang masih mengembangkan dan melestarikan musik tradisional ini. Musik Patrol ini juga masih sering ditampilkan di berbagai acara di Jawa Timur, baik dalam bentuk karnaval maupun pertunjukan panggung. Tentunya dengan berbagai kreasi yang mereka ciptakan agar membuat pertunjukan Musik Patrol ini terlihat menarik.