√ Lengkap Alat Musik Tradisional Gorontalo Beserta Gambarnya

Sebagian besar daerah di Gorontalo merupakan daerah pegunungan yang terbentang dari bagian utara hingga ke selatan Provinsi. Jika anda suka dengan travelling saya sarankan untuk meluangkan waktu berkunjung dan melihat panorama pegunungan yang ada di Gorontalo tersebut. Terlepas dari itu semua, kali ini saya akan sedikit share informasi yang saya dapat seputar kesenian alat musik tradisional dari Gorontalo.

Alat Musik Tradisional Gorontalo

Salah satu alat musik tradisional asli masyarakat Gorontalo adalah Polopalo, sebuah alat musik yang diclaim berasal dari Gorontalo asli. Namun terlepas dari itu semua berikut ini adalah daftar alat musik tradisional provinsi gorontalo, selamat membaca.

Baca Juga:

√ Lengkap Alat Musik Tradisional Banten Beserta Gambarnya


1. Polopalo

alat musik polopalo
Gambar alat musik polopalo
Polopalo adalah alat musik tradisional Gorontalo yang dapat dimasukkan kategori jenis alat musik idiofon atau alat musik yang sumber bunyinya muncul dari dirinya sendiri. Polopalo dimainkan dengan cara dipukul, nantinya Polopalo akan bergetar dan akan menghasilkan suara.
Alat musik tradisional Polopalo yang berasal dari Gorontalo asli terbuat dari bambu, berbentuk seperti garputala dan bagian yang dipukul disebut “lutut”. Seiring perkembangannya yang agak lambat, Polopalo mendapatkan beberapa penyempurnaan salah satunya dengan adanya alat pemukul yang terbuat dari kayu dan dilapisi dengan karet.
Meskipun terdengar mudah, Polopalo dimainkan dengan teknik yang bermacam-macam dari segi ritmen dan juga komposisi dari aransemen musik yang diberikan.

2. Ganda

alat musik ganda
Gambar alat musik ganda
Selain terdapat di Gorontalo sebelumnya saya sudah pernah bahas sedikit alat musik Ganda ini pada artikel saya di Alat musik tradisional Sulawesi Tengah. Ganda merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul, seperti Gendang alat musik ini juga memiliki 2 buah sisi yang dilapisi dengan kulit binatang.
Hampir semua orang yang ingin mempelajari alat musik ini akan mudah, karena tidak perlu teknik khusus dalam memainkannya. Cukup dengan kelihaian seorang bermain, dan naluri kita untuk memukul akan keluar dengan sendirinya. Jika dibandingkan dengan gendang Jawa, ukuran kanda lebih kecil dan lebih ramping.

3. Gambusi / Gambus

alat musik gambusi
Gambar alat musik gambusi
Gambus memang hampir bisa kita jumpai di semua daerah yang pernah menjadi lokasi penyebaran Islam di Indonesia, selain di Gorontalo juga terdapat daerah lain yang memiliki alat musik tradisional tersebut. Di Gorontalo sendiri, ada seorang yang saya suka dalam permainan musik Gambus yaitu Risno Ahaya, seorang maestro dalam bidangnya menurut saya dan sebagai pemetik Gambus, ia juga cukup terkenal di Gorontalo.
Gambus memang identik dengan kebudayaan Melayu, alat musik tradisional ini memiliki dawai yang berjumlah 9 dengan nada khas yang dihasilkannya memang cocok dengan kebudayaan lokal. Gambusi biasanya dimainkan bersamaan dengan Rebana Wahulo dan alat musik tradisional Gorontalo lainnya.

4. Marwas / Marawis

alat musik marwas
Gambar alat musik marwas
Marwas adalah alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul / ditepuk pada bagian membran yang terbuat dari kulit hewan. Alat musik tradisional Gorontalo ini juga termasuk kedalam golongan alat musik perkusi karena kurang enak didengar jika hanya dimainkan sendiri / 1 buah / solo.
Lirik lagu yang sering diiringi dengan Marwas umumnya berupa puja-puji kepada Sang Pencipta. Marwas sendiri diyakini merupakan alat musik tradisional yang diadopsi dari kebudayaan timur yang datang bersamaan dengan para pedagang di masa lalu. Meskipun begitu, Marwas juga merupakan salah satu alat musik tradisional yang harus kita lestarikan keberadaannya.

Baca Juga:

√ Sejarah, Makna dan Filosofi Ketupat dalam Tradisi Lebaran


5. Wahulo / Rebana Wahulo

Wahulo adalah nama alat musik tradisional Gorontalo yang berbentuk rebana, Wahulo dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan sedangkan tangan yang lain memegang alat musik tersebut. Seperti memainkan rebana lainnya, Wahulo juga memiliki teknik tersendiri tiap-tiap permainan dan lagu yang diiringi.
Alat musik tradisional Wahulo dapat dibedakan jika anda lihat dari segi pengikat kulit yang digunakan. Anyaman rapat dengan menggunakan rotan menjadi ciri khas dari Wahulo.  Sangat disayangkan karena sangat sulit untuk saya menemukan dimanakah sebenarnya pengrajin dari alat musik tradisional ini.