√ Artikel Tempe Mendoan Jajanan Khas dari Banyumas, Jawa tengah

Tempe Mendoan adalah makanan yang terbuat dari tempe yang dilapisi adonan tepung lalu di goreng. Makanan satu ini merupakan salah satu jajanan khas dari Banyumas, Jawa tengah. Tempe Mendoan ini sangat berbeda dengan Tempe Mendoan di daerah lainnya, sehingga memiliki keunikan dan cita rasa yang khas pada jajanan satu ini.

Nama Tempe Mendoan ini berasal dari kata “mendo”, yang dalam bahasa Banyumas di artikan “setengah matang” atau “lembek”. Sesuai dengan nama tersebut, Tempe Mendoan ini memiliki ciri khas dengan tekstur yang lembek karena di goreng setengah matang. Berbeda dengan Tempe Mendoan di daerah lain yang kebanyak digoreng kering. Selain itu keunikan dari Tempe Mendoan ini terlihat pada minyaknya yang masih membasahi Tempe Mendoan tersebut.
 

Dalam proses pembuatanyan, tempe di masukan ke dalam adonan tepung yang sudah di bumbui. Kemudian digoreng ke dalam wajan berisi minyak yang sudah panas. Dalam proses menggoreng ini tidak terlalu lama, karena untuk menggoreng Tempe Mendoan ini hanya setengah matang dan tidak sampai kering. Sehingga saat menggoreng harus cepat di angkat karena minyak yang untuk menggoreng sudah panas. Selain itu minyak yang di gunakan untuk menggoreng Tempe Mendoan ini harus banyak, agar kematangan tempe bisa merata.

Tempe Mendoan ini biasanya di sajikan selagi hangat, karena bila sudah dingin Tempe Mendoan ini cenderung layu sehingga cita rasanya ini sudah berbeda. Untuk menikmatinya anda bisa menyantapnya bersama sambal kecap atau di santap dengan cabe rawit. Tempe Mendoan ini bisa dijadikan lauk untuk makan atau di jadikan makanan ringan untuk menemani bersantai bersama teman atau keluarga.
Gambar : Tempe Mendoan Banyumas
 
 
Tempe Mendoan ini sangat mudah kita temukan di Banyumas, khusus kota Purwokerto sebagai daerah asal tempe medoan tersebut. Disana banyak warung tradisional yang menyediakan Tempe Mendoan ini. Bagi anda yang berkunjung ke Banyumas, Jawa tengah, maka kurang lengkap bila belum menikmati jajanan khas Banyumas ini.