√ Artikel Tari Mandau Kesenian Tradisional Dayak, Kalimantan Tengah

Tari Mandau adalah salah satu kesenian tari tradisional suku Dayak, yang menampilkan atraksi dalam memainkan Mandau sebagai property tarianya. Nama Tari Mandau di ambil dari property yang di gunakan dalam tarian tersebut, yaitu Mandau. Mandau merupakan senjata tradisional suku Dayak yang berbentuk parang/ pedang.

Dalam pertunjukannya, gerakan Tari Mandau lebih mengedepankan atraksi dan seni tari yang indah dalam memainkan senjata berupa Mandau dan perisai. Berbeda dengan “Tari Mandau Kinyah” yang lebih mengedepankan unsur teatrikal dan seni perang dalam pertunjukannya. Tidak jarang dalam pertunjukan tarian ini mempertontonkan adegan yang berbahaya, contohnya seperti mengayunkan dan  menggigit  Mandau yang tajam. Namun semua itu tidak berbahaya bagi para penari, karena sebelum pertunjukan sudah dilakukan ritual khusus agar pertunjukan berjalan aman. Dan tentunya mereka sudah terlatih untuk melakukannya.
 

 
pertunjukan tari mandau
Gambar : atraksi tari mandau
Tari Mandau biasanya tidak hanya di mainkan penari pria namun juga wanita. Kostum yang di gunakan adalah rompi kulit dengan corak khas busana tradisional Dayak. dengan berbagai asesoris seperti penutup kepala berbentuk burung tingang, gelang, kalung  dan tattoo yang mewarnai tubuh mereka. Selain itu property yang wajib di gunakan, yaitu Mandau dan talawang. Talawang merupakan senjata tradisional suku Dayak yang berbentuk perisai.

Dalam pertunjukan Tari Mandau diiringi oleh alunan suara yang merdu dan menghentak dari alat musik tradisional Dayak yaitu gandang dan gerantung. Gerantug merupakan alat musik yang terbuat dari logam, bentuknya menyerupai alat musik gamelan dari jawa. menurut cerita rakyat, alat music gerantung dulunya di turunkan langsung dari khayangan sebagai alat komunikasi kepada para leluhur. Alunan music pengiring tersebut seakan menyatu dengan gerakan yang di tampilkan para penari sehingga terlihat menarik dan menakjubkan.
kalimantan tengah
Gambar : Pertunjukan Tari Mandau
 
 
Dalam perkembangannya, Tari Mandau sering menghiasi panggung di acara adat daerah, upacara penyambutan, festival budaya dan lain - lain. Dan hebatnya, tarian ini juga sering di tampilkan pada acara festival budaya internasional untuk mewakili kebudayaan etnik tradisional Indonesia. Sesuatu yang sangat membanggakan tentunya. Di kalimantan tengah sendiri, tarian ini masih terus di lestarikan dan banyak di bentuk sanggar tari untuk melestarikannya.