√ Artikel Tahu Petis Jajanan Khas Dari Semarang, Jawa Tengah

Tahu Petis adalah salah satu makanan tradisional di Indonesia yaitu Tahu goreng yang di sajikan bersama Saus petis. Makanan satu ini merupakan salah satu jajanan khas yang terkenal di Semarang, Jawa tengah. Tahu yang di gunakan hampir sama dengan Tahu goreng pada umumnya, namun yang membedakan dalam Tahu Petis ini adalah Saus petisnya yang memiliki rasa yang khas.
 

Dalam proses pembuatannya, Tahu di bumbui dengan garam dan bawang putih, kemudian di goreng hingga matang. Tahu yang di goreng ini hampir sama seperti Tahu Pong namun rasa dari Tahu tersebut biasanya tidak terlalu asin. Sedangkan Saus petis terbuat dari bahan dasar udang yang di racik dengan bumbu special sehingga memiliki rasa dan aroma yang khas.Untuk penyajiannya, Tahu yang sudah di goreng biasanya di belah tengah dan di oleskan/ disisipkan Saus petis di tengah Tahu goreng tesebut.

Selain memiliki aroma yang khas, Saus petis ini memiliki rasa yang gurih dan manis. Selain itu rasa udang yang bercampur dengan bumbunya memberikan cita rasa yang khas pula pada Saus petis ini. Sehingga bila dipadukan dengan Tahu goreng yang renyah ini memberikan sensasi yang nikmat di lidah kita saat menikmatinya. Bagi anda yang suka rasa pedas, anda bisa menikmatinya dengan cabe rawit.
Gambar : Tahu petis
 
 
Tahu Petis ini masih belum diketahui asal – usulnya. Namun dalam perkembangannya Tahu Petis ini telah menjadi salah satu jajanan yang sangat diminati oleh masyarakat maupun wisatawan yang berkunjung ke Semarang. Bagi anda pecinta kuliner tradisional di Indonesia, jajanan satu ini bisa dijadikan pilihan untuk dinikmati saat anda berkunjung ke Semarang, Jawa tengah. Selain untuk dinikmati di sana, anda bisa juga menjadikan sebagai oleh – oleh.