√ Artikel Sendratari Ramayana Kesenian Tradisional dari Yogyakarta

Sendratari Ramayana adalah pertunjukan seni perpaduan antara seni tari dan drama yang di kemas untuk membawakan sebuah cerita. Kesenian ini dinamakan Sendratari Ramayana karena cerita yang diangkat adalah cerita Ramayana. Sendratari Ramayana ini sering dipertunjukan di komplek Candi Prambanan, Yogyakarta.

Cerita Ramayana merupakan salah satu cerita dalam pewayangan yang sangat terkenal di indonesia. Cerita ini menceritakan tentang perjuangan dan cinta Rama dalam menyelamatkan Sinta yang diculik oleh raja alengka bernama rahwana. Selain berisi tentang cinta dan perjuangan, cerita ini juga berisi tentang kebaikan dalam melawan angkaramurkaan. Karena ceritanya yang panjang, maka dalam pertunjukan Sendratari Ramayana cerita tersebut dirangkum dan dibagi menjadi 4 episode, yaitu hilangnya Sinta, perjalanan Hanoman ke Alengka, kematian Kumbakarna dan Rahwana, dan pertemuan kembali Rama dan Sinta.
 
 

Gambar : Rama dan Sinta
Gerakan tari dari Sendratari Ramayana ini hampir sama dengan Wayang wong. Namun yang membedakan dalam Sendratari Ramayana tidak menggunakan dialog. Sehingga lebih mengutamakan gerakan ekspresi sebagai pengganti dialog. Dalam pertunjukannya, kostum yang di gunakan setiap tokoh atau peran berbeda beda, tentunya disesuaikan dengan tokoh yang di perankannya. Kostum yang di gunakan hampir sama dengan kostum yang digunakan pada Wayang wong. Namun, desain busana tersebut di buat lebih sederhana sehingga lebih leluasa dalam bergerak.  

Dalam pertunjukannya, penari dibantu oleh seorang narator yang bertugas membacakan isi cerita, kemudian para penari tersebut menari dan beradegan sesuai dengan isi cerita yang dibacakan oleh narator tersebut. Dalam pertunjukannya, Sendratari Ramayana ini juga diiringi oleh Pesinden dan iringan Gamelan, sehingga membuat pementasan lebih hidup.

Pertunjukan Sendratari Ramayana ini biasanya diselenggarakan di teater terbuka sebelah barat kompleks Candi Prambanan. setting panggung yang di gunakan untuk pertunjukan Sendratari Ramayana  ini sangatlah indah. Dengan menggunakan Candi Siwa, Candi Wisnu dan Candi Brahma sebagai latar belakang panggungnya. Selain itu didukung dengan lampu cahaya yang menyorot ke arah candi menghasilkan efek cahaya yang membuat candi tersebut terlihat megah pada malam hari. Namun pementasan pada panggung terbuka ini hanya di selenggarakan pada musim kemarau saja. Pada musim hujan biasanya diselenggarakan di gedung tertutup, namun format cerita yang di gunakan lebih panjang dan lebih lengkap.
 
 

Gambar : Adegan Hanoman Obong
Dalam perkembangannya, Sendratari Ramayana ini telah mendapatkan berbagai penghargaan sebagai wujud apresiasi akan nilai seni dan budaya di dalamnya. Sendratari Ramayana ini masih terus dikembangkan dan dipentaskan sebagai wujud pelestarian budaya dan daya tarik wisatawan di Candi Prambanan dan di Yogyakarta
 
Searches related to Sendratari Ramayana
  • cerita sendratari ramayana
  • sejarah sendratari ramayana
  • video sendratari ramayana
  • tari ramayana berasal dari
  • properti sendratari ramayana
  • tokoh dalam sendratari ramayana
  • gerakan tari ramayana
  • sendratari ramayana mengisahkan antara rama dan