Pakaian Adat Jawa : Gambar, Keunikan dan Penjelasannya secara lengkap

Saati ini kami akan membahas tentang pakaian adat Jawa. Nampaknya di era yang serba modern ini dunia fashion tidak hanya melulu soal busana yang modern, mewah dan elegan namun juga baju-baju tradisional yang kini sudah divariasikan dengan banyak sekali bentuk dan rupa. Tidak hanya itu saja, baju tradisional bahkan digadang-gadang menjadi sumber inspirasi para desainer untuk menciptakan rancangan baju-baju yang elegan dan tentu saja menarik untuk dikenakan.
Cara pemakaiannya pun sekarang lebih tidak terikat, misalkan saja di jaman dulu pakaian adat hanya dikenakan di lingkungan bangsawan dan di acara-acara normal dengan menggunakan adat. Namun, sekarang ini penggunaannya lebih luwes dan fleksibel sehingga budaya tetap awet.
Pakaian adat jawa misalnya, jika Anda berkunjung ke kota Yogyakarta maka Anda akan menemukan banyak sekali kusir yang mengenakan pakaian adat suku Jawa disempurnakan dengan blangkon. Tentu saja penerapan budaya ini dilakukan agar budaya Jawa masih lestari.
Nah, pada kesempatan kali ini akan kami bahas secara langsung mengenai pakaian adat suku Jawa laki-laki dan wanita yang sekarang masih sering Anda jumpai di banyak tempat, berikut adalah penjelasan tentang pakaian adat jawa dan penjelasannya:

Gambar & Nama Pakaian Adat Jawa

  1. Kebaya

kebaya
Kebaya menjadi salah satu pakaian adat jawa wanita yang akan tampak anggun ketika dikenakan. Tidak hanya itu saja, keberadaan dari kebaya juga masih sering dijumpai bahkan sampai sekarang. Misalkan saja, ketika wisuda baik dari tingkatan dasar sampai dengan tingkatan perguruan tinggi sekalipun kebaya masih menjadi busana wajib ketika wisuda.
Corak warnanya yang sangat eksklusif dan elegan tentu saja menciptakan kemewahan tersendiri. Tentu saja, di era sekarang ini sudah muncul banyak sekali inovasi-inovasi yang sangat menawan dan sangat enak dipandang. Tidak salah jika kebaya ini menjadi busana yang wajib dimiliki oleh setiap wanita Jawa. Selain di acara wisuda, kebaya juga identik dengan hari kartini. Bahkan di beberapa tempat, beberapa siswa juga mengenakan pakaian adat di beberapa momen tertentu.
  1. Jawi jangkep

Jawi jangkep
Seperti apa pakaian adat jawa berupa jawi jangkap itu? Jawi jangkek adalah busana adat yang bisa Anda temukan dengan sangat mudah di acara pernikahan yang menggunakan ritual adar jawa. Tentu saja, pakaian adat ini hanya digunakan dalam waktu-waktu tertentu dan memberikan banyak sekali manfaat.
Sesuai dengan kepercayaan, jawi jangkap ini bisa membantu mengeluarkan aura ketampanan dan kejantanan. Tidak salah jika ternyata pakaian adat ini digunakan sebagai busana mempelai laki-laki ketika melangsungkan upacara pernikahan. Biasanya, busana jawa ini akan dilengkapi dengan keris yang sudah dihias dengan menggunakan bunga melati.
  1. Kanigaran

Kanigaran
Barangkali Anda masih sulit membedakan pakaian adat jawa laki-laki dan perempuan di beberapa acara yang sakral seperti pernikahan. Sama seperti busa-busana jawa yang lainnya, kanigaran ini juga menjadi salah satu jenis pakaian adat ala-ala bangsawan. Tidak heran jika banyak sekali pengantin yang lebih memilih busana ini karena nilai dan makna yang sangat kental dari jenis pakaiannya.
Salah satu pakaian tradisional ini akan lebih sering Anda temui di beberapa acara pernikahan adat Jawa khususnya di Daerah istimewa Yogyakarta. Sentuhan dan inovasi para resigner modern tentu bisa menghasilkan busana kanigaran dengan corak yang lebih menyala dengan nyawa-nyawa klasik yang menambah rasa ketertarikan jika Anda melihatnya. Motif yang digunakan juga bukan motif pakaian adat jawa tengah yang asal-asalan namun dengan banyak sekali pertimbangan dari segi estetika dan dari segi budayanya.
  1. Batik

batik
Berbeda dengan beberapa pakaian adat jawa untuk laki-laki dan perempuan yang sudah disebutkan, tentu saja batik ini menjadi satu-satunya pakaian adat yang bisa ditemukan dimana saja dan kapan saja. Mengapa demikian? Tentu saja karena batik ini bukan menjadi hal yang aneh lagi. Batik ini bahkan sudah menjadi busana wajib dari zaman dulu sampai dengan di zaman sekarang.
Di sekolahan tentu saja siswa-siswa akan berseragam batik, di beberapa lembaga baik pemerintah atau pun non pemerintah juga akan mengenakan batik, ketika menari atau berada di panggung juga batik masih menjadi busana favorit yang dikenakan.
Ada banyak sekali motif batik, bahkan di era yang sudah modern ini kain batik bisa diproduksi menjadi banyak sekali bentuk tentunya selain sebagai bahan pakaian. Souvenir pernikahan, dompet, tas, topi, totebag, dan masih banyak lagi. Bahkan di beberapa tempat, baju batik juga sangat identik dengan hari Jumat.
  1. Pangsi

Pangsi
Bagi Anda yang tinggal di daerah Jawa Barat tentu saja tidak akan asing dengan istilah ini. Pangsi adalah pakaian adat jawa Barat yang sampai sekarang ini mash trendi dan masih banyak digunakan. Bahkan, budaya dan nilai yang terkandung di dalamnya senantiasa mencerminkan budaya yang ada di tanah sunda yang tentu sudah diwariskan secara turun temurun.
Jika Anda melihat beberapa tayangan atau pun iklan di televisi, sudah banyak sekali artis yang jatuh cinta dengan busana-busana dari batik.
  1. Surjan dan Beskap

Surjan dan Beskap
Surjan dan beskap ini merupakan pakaian adat jawa laki-laki yang hingga saat ini masih tend karena memang memiliki banyak sekali keunggulan. Tentu saja, aura Anda atau pasangan Anda akan terlihat sangat menarik sekali. Surjan dan beskap tentu saja memiliki perbedaan. Surjan sering kali ditemukan dengan motif lurik dengan kerah yang tegak dan memiliki lengan yang panjang.
Bahkan, di Yogyakarta pakaian surjan ini menjadi pakaian para pegawai di beberapa lembaga. Berbeda dengan beskap, beskap ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan jas. Tentunya perbedaannya terletak pada rancangan desainnya. Jika jas biasanya memiliki warna gelap dan juga polos namun beskap memiliki warna-warna cerah dan biasanya dihiasi oleh beberapa ornamen yang memberikan kesan yang menarik. Tidak kaget jika kedua jenis pakaian jawa laki-laki ini masih trendi dan sering digunakan di era sekarang ini.
  1. Basahan

Basahan
Basahan mungkin menjadi istilah asing bagi Anda. Basahan ini menjadi salah satu pakaian adat jawakhusus untuk wanita yang biasanya dikenakan ketika upacara pernikahan yang menggunakan adat di keraton. Jangan salah, meskipun busana ini menjadi busana yang paling trend di masa lalu ternyata di masa sekarang busana ini juga masih trend.
Hal ini terbukti dari banyaknya pengantin yang memilih busana ini sebagai penyempurna dalam momen sakral yang akan mereka naungi berdua. Tidak hanya itu saja, artis-asris di negeri Indonesia ini juga sudah banyak sekali yang memilih basahan di bandingkan dengan yang lainnya. Bagi Anda yang  ingin mempelajari secara lebih jauh dan lebih detail soal basahan, Anda bisa menemukan berbagai jenis cerita budaya Jawa yang sering ditayangkan di layar televisi.
Tujuh pakaian adat jawa laki-laki dan wanita yang sudah dibahas di atas tentu saja menjadi informasi sekaligus pengetahuan bagi Anda yang ingin secara jauh mengetahui budaya-budaya yang ada di Jawa khususnya busana pakaian adatnya.



Mungkin Yang Kamu Cari:


EmoticonEmoticon