Artikel Lengkap Cara Pembuatan Gerabah Dari Tanah Liat

Cara Pembuatan Gerabah Dari Tanah Liat - Gerabah adalah perabotan yang terbuat dari bahan dasar tanah liat. Dalam pembuatannya tanah liat diproses melalui beberapa tahapan. Selain itu ada juga bahan tambahan lain yaitu kaolin. Tanah liat yang sudah diproses dan siap dicetak menjadi gerabah kemudian dibentuk dengan langsung menggunakan tangan   atau menggunakan alat putar.

Gerabah merupakan salah satu hasil karya seni terapan yang banyak ditemukan di Indonesia. Seni terapan merupakan seni yang hasilnya memiliki fungsi dalam kehidupan sehari-hari. Gerabah ini banyak digunakan sebagai perkakas dengan bahan dasarnya adalah tanah liat, dimana tanah liat tersebut diolah dengan beragam teknik, kemudian dihias untuk memberikan kesan artistik. Gerabah juga dikenal dengan istilah tembikar atau keramik dan sudah ada di Indonesia sejak zaman Neolitikum sekitar 3000–1100 SM.
Adapun pembahasan dalam pengertian pembuatan gerabah dari tanah liat yang saya bahas saat ini yaitu Cara Pembuatan Gerabah Dari Tanah Liat Bagi anda yang ingin tahu cara pembuatanya gak uasah khawatir lagi ini udah saya siapkan dibawah ini. pahami dalam setiap bacaannya.

Baca Juga:

√ Lengkap 10 Alat Musik Tradisional Papua Beserta Gambarnya


Cara Pembuatan Gerabah Dari Tanah Liat

 Bahan dasar yang digunakan untuk membuat gerabah adalah tanah liat. Sebelum dibuat gerabah, tanah liat tersebut diproses terlebih dahulu dalam beberapa tahapan. Selain itu, ada juga bahan tambahan lain, yaitu kaolin. Tanah liat yang sudah siap kemudian dibentuk dengan tangan langsung atau menggunakan alat putar.

  Bentuk gerabah yang akan dibuat disesuaikan dengan fungsi benda tersebut saat digunakan. Ada gerabah yang digunakan untuk alat memasak seperti periuk dan belanga, ada yang digunakan untuk menyimpan air atau beras seperti tempayan, ada yang digunakan untuk menyimpan air minum seperti kendi, dan ada yang digunakan untuk hiasan seperti guci dan vas bunga.

 Peralatan yang digunakan untuk membuat gerabah, antara lain pisau cukil yang terbuat dari kayu/bambu, sundip yang terbuat dari kawat, butsir dengan tangkai kayu, tali pemotong, meja putaran (subang pelarik), kayu salab atau kayu rol penggilas, dan pisau.

 Dalam membuat benda yang terbuat dari bahan tanah liat diperlukan teknikteknik tertentu agar dalam prosesnya mudah dan efektif. Adapun teknik-teknik yang biasanya digunakan oleh pembuat gerabah atau keramik antara lain teknik lempeng, teknik pijat, teknik pilin, teknik putar, teknik cetak tekan, dan teknik tuang.

1. Teknik Lempeng (Slabing).

 Teknik lempeng (slabing) merupakan teknik yang digunakan untuk membuat benda gerabah berbentuk kubistis dengan permukaan rata. Teknik ini diawali dengan pembuatan lempengan tanah liat dengan menggunakan rol kayu penggilas. Setelah menjadi lempengan dengan ketebalan yang sama, kamu dapat memotong dengan pisau atau kawat sesuai dengan ukuran yang kamu inginkan. Selanjutnya, kamu dapat membuat menjadi bentuk kubus atau persegi. Kemudian, tahap akhir diberi hiasan dengan cara ditoreh pada saat tanah setengah kering.



2. Teknik Pijat (Pinching)

   Teknik pijat (pinching) merupakan teknik membuat keramik dengan cara memijat tanah liat langsung menggunakan tangan. Tujuan dari penggunaan teknik ini adalah agar tanah liat lebih padat dan tidak mudah mengelupas sehingga hasilnya akan tahan lama. Proses pijat dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
A. Ambil segumpal tanah liat plastis.
B. Tanah liat tersebut diulet-ulet dan dipijitpijit dengan ibu jari sambil dibentuk sesuai dengan bentuk benda yang kamu inginkan.
C. Haluskan menggunakan kuas atau kain halus.
Teknik Pijat

3. Teknik Pilin (Coiling)

 Teknik pilin (coiling) adalah cara membentuk tanah liat dengan bentuk dasar tanah liat yang dipilin atau dibentuk seperti tali. Cara melakukan teknik ini adalah segumpal tanah liat dibentuk pilinan dengan kedua telapak tangan. Ukuran tiap pilinan disesuaikan dengan ukuran yang kamu inginkan. Panjangnya pilinan juga disesuaikan dengan kebutuhan. Kemudian, pilinan tanah liat tersebut kamu susun secara melingkar sehingga menjadi bentuk yang kamu inginkan. Jangan lupa tiap susunan ditekan dan tambahkan air supaya menempel.

Teknik Pilin

4. Teknik Putar (Throwing)

 Untuk membuat gerabah dengan teknik putar (throwing), kamu memerlukan alat bantu berupa subang pelarik atau alat putar elektrik. Cara melakukan teknik ini adalah dengan mengambil segumpal tanah liat yang plastis dan lumat. Setelah itu, taruhlah tanah liat di atas meja putar tepat di tengahtengahnya. Lalu, tekan tanah liat dengan kedua tangan sambil diputar. Bentuk tanah liat sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Teknik putar umumnya menghasilkan benda berbentuk bulat atau silindris.

Teknik Putar

5. Teknik Cetak Tekan (Press)

 Teknik cetak tekan dilakukan dengan menekan tanah liat yang bentuknya disesuaikan dengan cetakan. Teknik ini dilakukan untuk mendapatkan hasil dengan waktu yang cepat.
 
 
Teknik Cetak Tekan

6. Teknik Cor atau Tuang


  Teknik cor atau tuang digunakan untuk membuat gerabah dengan menggunakan acuan alat cetak. Tanah liat yang digunakan untuk teknik ini adalah tanah liat cair. Cetakan ini biasanya terbuat dari gips. Bahan gips digunakan karena gips dapat menyerap air lebih cepat sehingga tanah liat menjadi cepat kering.
Teknik Tuang Atau Cor