Lontong Kupang, Lontong Siraman Kerang Kecil Khas Surabaya

Jawa Timur selama ini dikenal sebagai salah satu kawasan yang memiliki aneka jenis kuliner. Beberapa kuliner khas yang terkenal nikmat dari kawasan ini antara lain, rujak cingur, lontong balap, dan rawon. Selain nama-nama di atas, ada satu kuliner khas kota Pahlawan yang tidak kalah sedapnya yakni lontong kupang.

Lontong kupang merupakan sajian irisan lontong yang disiram dengan kuah yang telah diberi bumbu bawang putih, cabe dan bumbu khas masakan di Surabaya yakni petis. Setelah disiram kuah, lontong kembali disiram kupang yang sudah direbus matang beserta kuahnya. Untuk menggugah selera makan Anda, di atas kupang ditaburi bawang goreng.
Bahan utama dari sajian yang banyak ditemui di daerah Surabaya, Sidoarjo dan Pasuruan ini adalah kupang putih atau dengan nama latin Corbula faba H. Kupang merupakan hewan laut sejenis kerang kecil, ukurannya hanya sebesar antara biji beras dan biji kedelai. Kupang biasanya bisa ditemui di daerah-daerah pinggir pantai atau lumpur berair asin salah satunya di Madura.
Sebelum disajikan, kupang terlebih dahulu dikupas dan dimasak. Setelah masak, barulah kupang ditambahkan ke dalam lontong dan lentho, kemudian diberi kuah petis dan sedikit perasan jeruk nipis.

Baca Juga;

√ Penjelasan Tari Remo Tarian Tradisional Dari Jawa Timur


Kupang sendiri memiliki beberapa kandungan yang baik bagi tubuh manusia antara lain, Fe (zat besi) dan Zn (zinc/seng). Zat besi diperlukan dalam tubuh untuk pembentukan sel-sel darah merah. Sedangkan Zinc merupakan komponen penting beberapa enzim untuk sistem metabolisme dalam tubuh. Kupang juga mengandung asam-asam lemak yang dibutuhkan tubuh manusia.
Bagi Anda yang penasaran seperti apa nikmatnya lontong kupang, kuliner ini bisa di temui di warung-warung makan yang ada di Surabaya. Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menikmati satu mangkuk lontong kupang. Cukup mengeluarkan uang Rp17.000, Anda sudah bisa menikmati enaknya lontong kupang dengan segelas air kelapa segar. 

Sumber:
https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/lontong-kupang-lontong-dengan-siraman-kerang-kecil-khas-surabaya