Artikel Peninggalan Sejarah Islam di Indonesia beserta Gambarnya

Peninggalan Sejarah Islam Di Indonesia - Sejak agama serta kebudayaan Islam memasuki Indonesia, terjadilah proses Islamisasi terhadap masyarakat di nusantara. Bersamaan yang dengannya proses Islamisasi itu, mulailah terlaksana perubahan sosial budaya ke arah pembentukan budaya baru yng bernafaskan Islam. Semisal diketahui bahwasanya, sebelum kedatangan agama serta kebudayaan Islam, budaya Indonesia masih bercorak Hindu serta Budha, akan tetapi seiring yang dengannya masuknya budaya Islam ke Indonesia, proses integrasi budaya Hindu - Budha yang dengannya kebudayaan Islam pun menjadi tak bisa dihindarkan.

Peninggalan Sejarah Islam di Indonesia

Butuh diketahui bahwasanya, dalam proses integrasi budaya yang telah di sebutkan, tak terlaksana ketegangan yng berguna walaupun ada 3 unsur agama serta kebudayaan yng saling berbeda di dalamnya. Hal ini penyebabnya yaitu lantaran tokoh-tokoh Islam pada masa itu tak bersikap memusuhi, serta malahan bersifat saling merangkul. Adapun dalam proses integrasi yang telah di sebutkan, beberapa peninggalan sejarah bisa kita lihat menjdai buktinya sampai-sampai kini. Apa saja peninggalan sejarah Islam di Indonesia yang telah di sebutkan? Simak uraiannya yang akan di sajikan kali ini!
 

Peninggalan Sejarah Islam di Indonesia beserta Gambarnya

1. Masjid

Satu dari sekian banyaknya peninggalan sejarah Islam di Indonesia yng paling tidak sedikit didapati sampai-sampai kini merupakan masjid. Semisal diketahui bahwasanya masjid adalah tempat ibadah bagi umat Islam, menjadikan wajar andai seni arsitektur Islam satu ini dia yng paling gampang kita lihat keberadaannya era ini.
Adapun terkait yang dengannya kentalnya budaya Hindu serta Budha di masa awal penyebaran Islam di Indonesia, seni arsitektur masjid pula dipengaruhi oleh akulturasi budaya lokal yng ada era itu. Berbeda yang dengannya masjid-masjid di Jazirah Arab, arsitektur masjid di Indonesia mempunyai beberapa keunikan. Keunikan yang telah di sebutkan terdapat atau terletak pada susunan atapnya yng berundak serta berbentuk limas, adanya bangunan serambi (pendopo), adanya mihrab ataupun tempat imam memimpin sholat, dan wujud masjid yng biasanya berbentuk bujur sangkar.
Pada tabel berikut, terdapat beberapa semisal masjid peninggalan sejarah Islam di Indonesia pada masa silam.
No Nama Lokasi Peninggalan
1. Masjid Agung Demak Demak, Jateng Abad 14 M
2. Masjid Ternate Ternate, Ambon Abad 14 M
3. Masjid Sunan Ampel Surabaya, Jawa Timur Abad 15 M
4. Masjid Raya Baiturahman Banda Aceh Banda Aceh, DI Aceh Abad 15 M
5. Masjid Kudus Kudus, Jateng Abad 15 M
6. Masjid Banten Banten, Banten Abad 15 M
7. Masjid Cirebon Cirebon, Jawa Barat Abad 15 M
8. Masjid Katangga Katangga, Sulawesi Utara Abad 16 M

2. Kaligrafi

Selain masjid, peninggalan sejarah Islam di Indonesia yng masih bisa kita jumpai sampai-sampai kini merupakan seni kaligrafi. Bagi Kamu yng belum tahu, kaligrafi merupakan suatu seni menulis huruf Arab yang dengannya gaya serta susunan yng indah. Goresan pena Arabnya sendiri biasanya diambil dari potongan surat ataupun ayat-ayat dalam Al Quran.
Peninggalan Sejarah Islam di Indonesia beserta Gambarnya Seni kaligrafi yng menjadi peninggalan sejarah Islam di Indonesia pada masa silam bisa kita temukan menjdai hiasan ukir ataupun tulis misalnya pada dinding masjid, gapura, ataupun pada batu nisan. Semisal beberapa seni kaligrafi pada batu nisan misalnya terdapat pada makam beberapa orang yang akan di sajikan kali ini.
No Makam dari Lokasi Peninggalan
1. Fatima binti Maimun Gresik, Jawa Timur Abad 13 M
2. Ratu Nahrasiyah Samudra Pasai Abad 14 M
3. Maulana Malik Ibrahim Gresik, Jawa Timur Abad 15 M
4. Sunan Giri Gresik, Jawa Timur Abad 15 M
5. Sunan Gunung Jati Cirebon, Jawa Barat Abad 15 M
6. Sunan Kudus serta Sunan Muria Kudus, Jawa Tengah Abad 15 M
7. Sunan Kalijaga Demak, Jawa Tengah Abad 15 M
8. Makam raja-raja Banten Imogiri Abad 16 M

3. Keraton ataupun Istana

Keraton ataupun istana yng adalah tempat tinggal bagi raja serta keluarganya sebetulnya sudah ada sejak jaman pengaruh kebudayaan Hindu serta Budha. Cuma saja, sesudah Islam masuk, arsitektur keraton menjadi lebih tidak sedikit dipengaruhi oleh gaya arsitektur Timur Tengah. Beberapa keraton peninggalan sejarah Islam di Indonesia yang telah di sebutkan yng sampai-sampai kini masih terawat misalnya Istana Kesultanan Ternate, Istana Kesultanan Tidore, Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kesultanan Aceh, Istana Sorusuan, Istana Raja Gowa Keraton Kasultanan, serta Keraton Pakualaman.

4. Kitab serta Kesusastraan

Peninggalan sejarah Islam di Indonesia bukan cuma bisa didapati dalam bentuk seni serta gaya arsitektur. Kesusatraan pula berkembang cukup pesat sesudah masuknya pengaruh agama Islam di Indonesia. Kesusastraan yang telah di sebutkan tertuang dalam bentuk suluk, hikayat, babad, serta syair. Beberapa peninggalan kesusastraan Islam di Indonesia antara lain syair Perahu karya Hamzah Fansuri, syair Si Burung Pingai, syair Abdul Muluk, syair gurindam dua belas karya Ali Haji, hikayat nabi-nabi, hikayat sultan-sultan Aceh, serta hikayat penjelasan penciptaan langit serta bumi. 


5. Pesantren

Sejak masuknya Islam di Indonesia, pesantren sudah menjadi lembaga pendidikan agama yng sudah melahirkan tidak sedikit mubaligh. Pesantren dianggap menjdai satu dari sekian banyaknya peninggalan sejarah Islam di Indonesia lantaran dianggap turut berperan dan dalam kemajuan syiar Islam Nusantara.
Pesantren di Indonesia pertama kali dibangun pada masa kekuasaan Prabu Kertawijaya dari Majapahit. Pesantren yng didirikan di daerah Jawa oleh Sunan Ampel ini lantas melahirkan tidak sedikit orang-orang terpelajar. Para santri diajari ihwal tidak sedikit hal semisal bahasa Arab, pendalaman Al Quran, kitab Kuning, tauhid, fiqih, akhlak, serta tasawuf.
Beberapa pesantren besar yng ada di Indonesia antara lain Pesantren Lasem di Rembang, Pesantren Tebuireng di Jombang, Pesantren Asembagus di Situbondo, Pesantren Lirboyo di Kediri, Al-Kautsar Medan, serta Pesantren As-Shiddiqiyyah di Jakarta.
Peninggalan Sejarah Islam di Indonesia beserta Gambarnya

6. Tradisi

Beberapa tradisi yng sampai-sampai kini masih dipakai sebagian masyarakat Islam semisal ziarah, sedekah, ataupun upacara istiadat Jawa sekaten pula adalah bukti peninggalan sejarah Islam di Indonesia yng tidak mampu tidak di ingat-ingat lagi begitu saja. Tradisi-tradisi yang telah di sebutkan lahir lantaran pengaruh Islam yng berakulturasi yang dengannya kebudayaan lokal masyarakat era itu.