Artikel Dewa Tertinggi Agama Hindu, Trimurti, dan Urutannya

Dewa Tertinggi Agama Hindu - Konsep ketuhanan dalam agama Hindu mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan yang dengannya konsep ketuhanan agama-agama lain. Dalam agama hindu, Tuhan ataupun Suka disebut juga yang dengannya nama Narayana, Iswara, dan Shang Hyang Widhi (Indonesia), dianggap menjdai satu dzat yng berkuasa mutlak, tidak berwujud, dan kekal. Tuhan yng Tunggal dalam Hindu mempunyai manifestasi terhadap keberadaan para dewa di kahyangan (suargaloka). Dewa dianggap menjdai mahluk suci yng supernatural memegang kendali dan mempunyai tugas-tugas tertentu. Dalam ajaran agama Islam dan Nasrani, Dewa bisa dianalogikan menjdai malaikat-malaikat yng mempunyai tugasnya masing-masing.

Baca Juga:

√ Artikel Alat Musik Tradisional Bengkulu Beserta Gambarnya


Dewa Tertinggi Agama Hindu

Ada tidak sedikit dewa dalam ajaran Hindu. Masing-masing dewa mempunyai tugasnya sendiri. Di antara sekian tidak sedikit dewa yang telah di sebutkan, ada istilah trimurti. Trimurti adalah istilah bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyebutkan 3 dewa tertinggi agama Hindu yng memegang kuasa penuh terhadap tugas-tugas berat. Ketiga dewa tertinggi agama Hindu yang telah di sebutkan merupakan Dewa Brahma, Dewa Wisnu, dan Dewa Siwa.
3 Dewa Tertinggi Agama Hindu, Trimurti, dan Urutannya

1. Dewa Brahma

Dalam agama Hindu, Dewa Brahma dianggap menjdai manifestasi tuhan dalam hal penciptaan semesta. Dewa Brahma digambarkan mempunyai empat wajah (catur mukha), mempunyai wahana berupa angsa, bersenjatakan gada, dan mempunyai sakti Dewi Saraswati. Keempat wajah Brahma menghadap 4 penjuru mata angin. Dewa ini dilukiskan menjdai sesosok pria tua berjanggut putih yng memiliki empat buah tangan. Masing-masing tangan satu dari sekian banyaknya dewa tertinggi agama Hindu ini memegang alat-alat antara lain:
  1. Aksamala ataupun tasbih yng menyimbol kekekalan yng tiada awal dan tiada akhir.
  2. Sruk dan Surva (sendok besar dan sendok biasa) yng menyimbolkan upacara yadnya.
  3. Kamandalu ataupun kendi menjdai simbol keabadian.
  4. Pustaka ataupun buku yng menyimbolkan ilmu pengetahuan.

2. Dewa Wisnu

Dewa tertinggi dalam agama Hindu selanjutnya merupakan Dewa Wisnu. Dewa Wisnu dianggap menjdai dewa pemelihara semesta dan segala ciptaan Dewa Brahma. Dewa Wisnu akan turun ke dunia bila kejahatan merajarela. Dewa Wisnu merupakan dewa berkulit hitam-kebiruan, memiliki sakti Dewi Sri, beraksara Ung, bersenjatakan Cakra dan berwahanakan Burung Garuda.

3. Dewa Siwa

Dewa tertinggi agama Hindu yng yang terakhir merupakan Dewa Siwa. Dewa siwa dianggap menjdai dewa pelebur yng akan menghancurkan seluruh ciptaan brahma yng telah usang andai saatnya telah tiba. Dewa Siwa diwujudkan menjdai seorang dewa bermata tiga (trinetra), mempergunakan ikat pinggang kulit haimau, hiasan leher berupa ular kobra, dan berwahanakan lembu Nandini. Dewa Siwa mempunyai sakti Dewi Durga, bersenjatakan trisula, dan mempunyai 4 buah tangan yng masing-masing memegang tri wahyudi, kendi, cemara, dan tasbih.



Dewa-dewa Hindu Lain-lainnya

Selain ketiga dewa tertinggi yng salah satunya dalam trimurti, agama Hindu pula meyakini keberadaan beberapa dewa lain-lainnya. Dewa-dewa dalam kepercayaan agama Hindu yang telah di sebutkan antara lain Dewa Chandra (Dewa bulan), Ganesha (Dewa pengetahuan dan kebijaksanaan), Indra (Dewa hujan, Dewa perang), Kuwera (Dewa kekayaan), Laksmi (Dewi kemakmuran, Dewi kesuburan), Maruta (Dewa petir), Saraswati (Dewi pengetahuan), Sri (Dewi pangan), Surya (Dewa matahari), Waruna (Dewa air, laut, dan samudra), Bayu (Dewa angin), Yama (Dewa maut, Dewa akhirat, hakim yng mengadili roh orang mati), dan Kartikeya (Dewa Pembunuh Iblis).